Makanan yang Baik Dikonsumsi Pasca Keguguran

By Categories : Kesehatan

Saat hamil salah satu hal yang sering dikhawatirkan para pasangan suami dan istri adalah keguguran. Keguguran adalah suatu kondisi di mana proses kehamilah telah berakhir sebelum usia janin belum mencapai 12 minggu. Persentase seseorang yang biasanya mengalami kegugugran adalah 12 – 15% pada wanita yang berusia 20 tahun-an. Sedangkan wanita yang sudah menginjak usia 40 tahun persentase resiko kegugurannya lebih tinggi yaitu 25%.

Ada beberapa hal yang menyebabkan keguguran salah satunya yaitu merokok, mengonsumsi minuman keras, obesitas ataupun terlalu kurus, gangguan hormon, kelainan pada rahim, diabetes, infeksi, penyakit jantung dan juga pernah mengalami keguguran sebelumnya. Biasanya seseorang yang mengalami keguguran akan mengalami gejala seperti pendarahan, kram atau kejang perut dan juga nyeri pada bagian bawah perut.

bbv

Jika Anda merupakan salah satu orang yang mengalami hal ini, sebaiknya Anda harus lebih berhati-hati dan mulai mengonsumsi makanan yang bernutrisi agar kesehatan kembali pulih. Berikut adalah makanan yang baik dikonsumsi pasca keguguran!

Daftar Makanan yang Baik Dikonsumsi Pasca Keguguran

Makanan Kaya Akan Protein

Makanan yang baik dikonsumsi pasca keguguran adalah makanan yang kaya akan protein. Dinding rahim yang terluka akibat keguguran memperlukan nutrisi protein untuk memulihkannya. Kenapa harus makanan berprotein? Karena makanan tersebut dapat membantu Anda untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Sumber makanan terbaik yang kaya akan protein adalah ikan, telur, daging serta ayam. Salah satu jenis ikan yang dapat mempercepat penyembuhan luka adalah ikan haruan yang hidup di air tawar.

Makanan Kaya Akan Zat Besi

Pendarahan yang Anda alami pastinya ini akan membuat suplai darah dalam tubuh Anda semakin menurun. Maka dari itu, Anda membutuhkan makanan yang kaya akan zat besi untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah dalam membantuk sel yang baru. Tak hanya itu, zat besi juga berperan dalam mengikat kadar oksigen dalam darah yang kemudian dialirkan ke seluruh tubuh. Anda dapat mengonsumi makanan seperti, kangkung, bayam, singkong, jeruk, buah aprikot, yogurt, serel dan lainnya untuk menambah kadar darah dalam tubuh Anda.

Makanan yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang berperan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, seseorang yang mengalami keguguran sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Selain untuk memulihkan kesehatan, Vitamin C juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Ini karena vitamin C kaya akan antioksidan. Sumber Vitamin C yang paling tinggi yang dapat Anda konsumsi adalah kiwi, jeruk, lemon, jambu biji, pepaya dan lainnnya.

Nah itulah makanan yang baik dikonsumsi pasca keguguran. Selain mengonsumsi makanan tersebut, Anda juga harus minum air putih 2 liter per hari. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi masalah kesehatan lainnya seperti, dehidrasi serta konstipasi. Baca juga artikel tentang Mengenal tanda bahaya kehamilan. 

loading...
Tags:makanan pasca kuret, makanan setelah keguguran, makanan yang baik setelah keguguran, makanan yang dilarang setelah kuret, makanan pasca keguguran, pantangan makanan setelah keguguran, makanan untuk orang keguguran, apakah buah pir bagus untuk ibu yang keguguran, makanan yang dilarang setelah keguguran, makanan yang baik pasca keguguran, makanan setelah kuret, pantangan pasca kuret, vitamin setelah keguguran, makanan untuk wanita keguguran, makanan yg baik pasca keguguran