Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Melahirkan

By Categories : Kesehatan

Pasca melahirkan pada umumnya kondisi seorang ibu akan mengalami sedikit masalah di ntaranya adalah wajah terlihat pucat dan tubuh terasa lemas. Hal itu dikarenakan oleh banyaknya darah yang keluar saat melahirkan. Melihat kondisi tersebut memang sangat diperlukan perhatian khusus untuk seorang ibu pasca melahirkan, karena jika dibiarkan dengan begitu saja khawatirnya akan mengganggu kondisi kesehatan ibu dan bayinnya.

Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Melahirkan

Supaya kondisi sang ibu cepat pulih pasca melahirkan diperlukan makanan-makanan sehat sebagai pengganti darah yang terbuang ketika proses persalinan. Lalu apa saja makanan sehat pasca melahirkan tersebut? Nah pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai jenis makanan yang baik dikonsumsi setelah melahirkan. Adapun penjelasannya adalah berikut ini !

Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Pasca Melahirkan

Susu Rendah Lemak

Tidak jarang ketika melihat seorang ibu pasca melahirkan pasti diberikan satu gelas susu, adapun susu tersebut adalah susu rendah lemak. Hal ini bertujuan untuk menambah sumber energi dalam tubuh, selain itu susu juga banyak mengandung protein, vitamin B, vitamin D dan sumber kalsium terbaik. Manfaat lain dari susu rendah lemak yang dikonsumsi oleh ibu pasca melahirkan adalah dapat merangsang keluarnya ASI dan meningkatkan kualitas ASI untuk menunjang tumbuh kembang pada bayi dengan sehat.

Daging Sapi

Untuk menambah energi pada ibu pasca melahirkan selain memberikan susu rendah lemak, Anda juga bisa memberikan daging sapi. Makanan yang satu ini berfungsi memenuhi zat besi dalam tubuh yang telah terkuras ketika proses persalinan. Oleh karena itu ibu membutuhkan asupan zat besi yang banyak seperti daging sapi rendah lemak yang juga banyak mengandung protein tambahan dan B12 yang sangat baik untuk ibu menyusui.

Telur

Jenis makanan yang baik dikonsumsi selanjutnya adalah telur yang menberikan kombinasi sempurna dari lemak, protein, dan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh seorang ibu pasca melahirkan. Selain itu juga bisa membatu menjaga keseimbangan hormon yang dalam tubuh. Cukup dengan hanya mengonsumsi dua butir telur dan segelas susu setiap hari dan lakukan selama satu bulan penuh. Cara tersebut sangat efektif sekali untuk memulihkan kondisi ibu pasca melahirkan.

Kacang-kacangan

Makanan sehat lainnya adalah kacang-kacangan, makanan ini berfungsi untuk mempelancar peredaran darah dan memperbanyak ASI untuk bayi. Untuk jenis kacang-kacangan sangat banyak namun untuk jenis kacang ini adalah kacang ijo yang dibuat bubur setiap hari sebagai asupan makanan yang dapat membantu memulihakan kondisi pasca melahirkan.

Itulah penjelasan mengenai jenis makanan yang baik dikonsumsi setelah melahirkan. Dengan makanan seperti yang sudah disebutkan di atas tersebut maka akan membuat kondisi seorang ibu pasca melahirkan dapat pulih dan bugar kembali dengan cepat. Baca juga artikel tentang Makanan untuk meningkatkan kesuburan wanita.

loading...
Tags:makanan yang boleh dimakan setelah melahirkan normal, makanan yang dilarang setelah melahirkan normal, makanan yang tidak boleh dimakan setelah melahirkan, buah untuk ibu setelah melahirkan, makanan yang tidak boleh dimakan setelah aborsi, makanan yang dilarang untuk ibu melahirkan, Makanan yang di larang oleh ibu pasca persalinan, makanan yang baik di konsumsi pasca melahirkan, makanan ibu stlah melahirkan, makan untuk ibu yang baru melahirkan, makan makanan sehat untuk ibu selesai melahirkan, buah yg bisa dimakan setelah operasi melahirkan, buah yg baik setelah melahirkan, buah untuk ibu yang baru melahirkan, buah untuk ibu melahirkan