Makanan yang Baik untuk Otak Anak

By Categories : Kesehatan

Pada masa pertumbuhan, anak membutuhkan konsumsi makanan sehat bernutrisi untuk membantu pertumbuhannya termasuk juga untuk perkembangan otak anak. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan otak pada anak, salah satunya adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi untuk anak.

Little girl with a bowl of vegetables

Nutrisi bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan sehat yang mampu merangsang perkembangan dari otak anak. Lalu apa saja makanan yang baik untuk otak anak? Sebagai ibu, Anda dapat memberikan makanan berikut untuk mendukung kecerdasan sang anak.

Berikut Makanan yang Baik untuk Otak Anak

Telur

Makanan yang baik untuk otak anak yang pertama adalah telur. Telur menjadi sumber makanan yang kaya akan protein sekaligus menjadi makanan yang sangat mudah untuk didapatkan. Telur dapat diolah menjadi berbagai olahan yang baik untuk anak kecil, sehingga sang anak tidak mudah bosan. Kuning telur menjadi bagian yang kaya akan kolin. Fungsi kolin sendiri adalah membantu perkembangan sang anak seperti daya ingat. Zat inilah yang mampu membantu meningkatkan produksi sel di otak. Untuk itu Anda dapat memberikan satu butir telur saja setiap harinya.

Kacang

Kacang-kacangan menjadi makanan berikutnya yang baik untuk otak anak. Kacang mengandung sumber vitamin E serta antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Adapun fungsi keduanya adalah untuk melindungi sel otak dari bahaya radikal bebas. Di samping itu juga mampu membantu daya pikir anak serta menjadi salah satu sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini didukung dengan penelitian yang menyatakan bahwa kacang merah mengandung omega 3 yang baik untuk perkembangan otak anak.

Ikan

Ikan salmon merupakan jenis ikan yang dapat dikonsumsi untuk membantu dan mendukung perkembangan otak pada anak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa ikan salmon mengandung DHA dan juga EPA yang menjadi sumber utama omega 3. Seperti penjelasan di atas bahwa omega 3 inilah yang turut mendukung kecerdasan orak anak.

Sayuran Hijau

Berikutnya adalah sayuran hijau. Sayuran hijau mengandung antioksidan serta nutrisi yang baik untuk sel otak. Sayuran seperti wortel, bayam, dan juga tomat mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Pada dasarnya semakin cerah dan segar sayuran tersebut maka bisa dipastikan bahwa terkandung zat antioksidan yang cukup tinggi. Nah oleh karena itu jangan ragu untuk memberikan nutrisi berupa sayuran hijau pada anak.

Buah Beri

Yang kelima adalah jenis buah beri seperti stroberi, rasberi, blueberry, dan jenis bery lainnya. Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk membantu perkembangan otak anak. Hal ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan pada buah stroberi dan blueberry memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya pikir anak.

Nah itulah tadi beberapa makanan yang baik untuk otak anak, jangan lupa juga berikan daging sapi yang sudah terbebas dari lemak. Daging sapi tanpa lemak mengandung zat besi sehingga membuat anak lebih berenergi ketika di sekolah.

loading...