Makanan yang Baik untuk Penderita Tipes

By Categories : Kesehatan

Pernahkah Anda mengalami penyakit ini? Hampir setiap orang pernah mengalami penyakit yang satu ini. Tipes atau Thypus adalah penyakit infeksi bakteri pada usus halus yang disebabkan oleh salmonella typhi atau salmonella paratiphi A, B dan C. Bakteri-bakteri tersebut akan masuk melalui saluran pencernaan dan kemudian akan berkembang biak dan menembus dinding usus menuju saluran limfa dan pembuluh darah.

makanan yang baik untuk penderita tipes

Jika hal ini terjadi tentunya sangat mudah bagi bakteri tersebut untuk menyebar ke seluruh pembuluh darah dan jika Anda melakukan tes labolatorium ini akan menunjukkan bahwa sel darah putih serta trombosit mengalami penurunan.

Seseorang yang terkena tipes membutuhkan istirahat total selama berminggu-minggu sampai berbulan-bulan hingga kondisi tubuh benar-benar fit dan prima. Yang perlu diperhatikan adalah pasca terkena tipes penderita harus menjaga pola makan yang ditentukan oleh dokter. Hal ini bertujuan untuk mempercepat penyembuhan luka di usus akibat tipes. Nah berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk penderita tipes yang dapat Anda konsumsi.

Makanan sehat untuk penderita tipes

Makanan rendah serat
Makanan sehat untuk penderita tipes yang pertama adalah makanan rendah serat. Jika makanan berserat sangat dianjurkan untuk melancarkan pencernaan, akan tetapi seseorang yang menderita tipes sebaiknya menghindari makanan berserat tinggi karena makanan tersebut dapat menyebabkan kontraksi pada pencernaan. Makanan rendah serat yang dapat Anda konsumsi adalah kacang panjang, labu siam, wortel dan juga buncis muda.

Makanan tinggi protein
Makanan yang baik untuk penderita tipes kedua adalah makanan yang mengandung protein tinggi. Selain karbohidrat, protein yang Anda konsumsi bermanfaat sebagai sumber tenaga bagi penderita tipes. Sumber asupan protein terbaik yang dapat Anda konsumsi adalah dari kacang kedelai, hati ayam, margarin, daging ayam rebus serta ikan rebus.

Makanan lunak
Sudah tidak asing lagi jika seorang penderita tipes wajib mengonsumsi makanan lunak. Hal ini dikarenakan makanan lunak lebih mudah dicerna namun tetap memiliki nutrisi yang tinggi untuk menunjang proses penyembuhan. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi:

  • Bubur
    Yang pertama adalah bubur. Pastikan Anda membuat bubur menggunakan kaldu ayam, karena kaldu ayam memiliki sumber protein serta karbohidrat yang cukup tinggi bagi penderita tipes agar tetap memiliki tenaga. Selain enak, bubur juga lebih mudah dikonsumsi dan dicerna oleh usus.
  • Puding
    yang kedua adalah puding. Anda dapat membuat puding dari beberapa buah-buahan. Selain sangat enak, puding buah juga menyehatkan. Tak hanya itu saja, tekstur lembut pada puding memudahkan penderita tipes untuk mencernanya.
  • Nasi tim ayam
    Jika Anda bosan mengonsumsi bubur, Anda dapat mencoba varian baru dengan membuat nasi tim ayam. Nasi tim ayam memiliki tekstur yang lebih lembek daripada nasi. Sehingga ini akan membantu Anda untuk mencerna makanan tersebut.

Nah itulah beberapa makanan yang baik untuk penderita tipes. Baca juga artikel mengenai Makanan pencegah penuaan dini.

loading...
Tags:resep makanan penderita tipes, resep masakan penyakit tipes, tips makanan untuk penderita tipes, resep menu makanan penderita typus, makanan untuk orang sakit tipes, makanan yg baik dan yg tidak baik bagi penderita tifus, resep masakan untuk penderita typus, cara membuat bubur untuk penderita tipes, cara membuat nasi tim untuk penderita tipes, menu untuk tipes, cara membuat bubur untuk orang sakit tipes, makanan yang bagus untuk yg menderita penyakit tipes, buah yang cocok bagi penderita typus, menu masakan untuk penderita tipes, makanan untuk typus