Makanan Yang Harus Dihindari Selama Hamil

By Categories : Kesehatan

Selama hamil, tentunya Anda tak ingin terjadi sesuatu terhadap kehamilan Anda. Ada beberapa cara untuk menunjang kesehatan Anda dan bayi Anda salah satunya yaitu olahraga, tidur teratur, mengurangi kebiasaan buruk dan tentu saja mengonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan. makanan merupakan salah satu faktor yang penting. Karena dengan adanya makanan ini akan memberikan nutrisi dan juga gizi yang baik dalam perkembangan bayi dalam kandungan. Baca juga makanan berserat tinggi bagi tubuh.

sembelit-pada-ibu-hamil

Namun selama hamil, tidak semua makanan dapat Anda konsumsi. Ada beberapa makanan yang dapat membahayakan kesehatan dan juga perkembangan janin. Apa saja makanan tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

Makanan yang harus dihindari selama hamil

Makanan kaleng

Selain enak, makanan kaleng sering digemari karena harganya murah dan tentu saja lebih praktis. Namun ibu hamil sebaiknya menjauhi makanan ini. kenapa? Karena kaleng yang digunakan untuk membungkus biasanya dilapisi dengan BPA (bisphenol-A). BPA merupakan bahan kimia yang ditemukan dalam plastik dan berbahayanya, zat ini dapat larut dalam makanan. Meskipun para peneliti belum 100% menemukan efek negatif dari makanan kaleng tersebut, sebaiknya Anda menghindari makanan tersebut untuk berjaga-jaga. Lebih baik memasak dengan menggunakan bahan yang segarĀ  untuk menghindari bahan kimia masuk ke dalam tubuh.

Olahan makanan mentah atau setengah matang

Makanan yang harus dihindari yang kedua adalah olahan makanan mentah ataupun setengah matang. Makanan tersebut pada umumnya kurang steril. Tak hanya itu, pada makanan mentah ada beberapa bakteri seperti listeria yang dapat menyebabkan keguguran pada janin. Hindari olahan makanan mentah seperti sushi. Pastikan Anda mengonsumsi makanan dengan tingkat kematangan yang sempurna agar tidak ada bakteri maupun virus yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda dan juga janin.

Keju lunak

Keju lunak yang dimaksud di sini adalah keju brie, blueveined, camembert, cheese dan juga keju dari susu domba dan kambing. Sebaiknya Anda menghindari makanan tersebut. Karena produk keju tersebut memiliki resiko membawa listeria. Listera sendiri merupakan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan janin. Selain menyebabkan keguguran, listeria juga dapat menyebabkan kelahiran bayi prematur, infeksi janin dan juga keracunan dalam darah.

Alkohol

Makanan yang harus dihindari selanjutnya adalah alkohol. Meskipun Anda mengetahui red wine memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan, namun tidak bagi ibu hamil. Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi segala jenis alkohol. Karena alkohol dapat menyebabkan masalah emosional pada bayi dan juga masalah kelainan perkembangan pada janin.

Nah itulah beberapa makanan yang harus dihindari selama hamil. Namun Anda jangan khawatir, Anda masih bisa mengonsumsi makanan sehat lainnya agar kesehatan Anda dan juga janin Anda tetap terjaga. Semoga bermanfaat :)

Baca juga artikel lainnya manfaat musik klasik bagi ibu bagi dan calon bayi.