Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama

By Categories : Kesehatan

Program diet dilakukan bertujuan agar tubuh lebih ideal. Dalam menjalankan program diet terdapat beberapa makanan yang perlu dihindari, mengontrol nafsu makan yang berlebih, serta mengurangi porsi makan. Tetapi Anda tidak perlu khawatir dengan mengetahui beberapa makanan yang membuat kenyang lebih lama. Sekedar memberikan informasi kepada Anda, berikut ini terdapat makanan yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama!

Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama

Berikut 5 Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama

Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang mengandung protein serta asam amino yang cukup tinggi. Selain sebagai makanan pembentuk otot tubuh, telur juga dapat membuat perut kita kenyang lebih lama jika mengonsumsinya. Sebuah di Saint Louis University menyatakan bahwa orang yang sarapan di pagi hari menggunakan telur akan mendapatkan 330 kalori lebih sedikit dibanding dengan orang yang hanya megonsumsi roti biasa. Untuk merasa kenyang lebih lama sebaiknya dikonsumsi bersamaan kuning telur, mengingat paling banyak protein terletak di kuning telur.

Kentang Panggang

Makanan yang membuat kenyang lebih lama selanjutnya adalah kentang panggang. Banyak orang menganggap bahwa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi justru dapat menaikkan berat badan. Namun hal tersebut tidak selamanya benar. Kentang yang mengandung karbohidrat juga mengandung vitamin, serat, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan serat yang cukup tinggi membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat menghindarkan keinginan untuk makan cemilan. Sumber makanan ini cocok bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Kandungan kalori dalam kentang tidak lebih dari 160 kalori. Untuk mengonsumsinya kentang bisa dipanggang atau direbus.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Alpukat memang mengandung lemak, tetapi lemak di dalamnya adalah lemak tak jenuh yang justru baik untuk tubuh. Lemak tak jenuh dapat membantu pembakaran lemak menjadi lebih optimal. Tidak hanya itu saja, kandungan seperti asam folat, vitamin E, dan potasium juga terkandung di dalamnya. Nutrisi-nutrisi tersebut membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga cocok dijadikan sebagai buah untuk diet.

Popcorn

Popcorn sering dijadikan sebagai cemilan untuk menonton film. Makanan yang terbuat dari jagung tersebut mengandung 90 kalori, tetapi efek kenyang yang diberikan lebih lama. Ini dikarenakan setelah mengonsumsi pop corn, membuat Anda akan berpikir bahwa sudah mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang banyak, dengan itu membuat merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya. Popcorn dapat mudah dibuat di rumah.

Jenis Kacang

Bagi Anda yang suka ngemil cobalah untuk mengonsumsi kacang-kacangan. Jenis kacang yang bisa dikonsumsi di antaranya seperti kacang kedelai, kacang almond, kacang walnut, dan banyak lagi. Karbohidrat kompleks pada jenis kacang tersebut memberikan waktu kenyang lebih lama. Namun tidak hanya karbohidrat kompleks saja, melainkan juga terkandung protein, dan juga lemak baik.

Itulah tadi informasi mengenai  makanan yang membuat kenyang lebih lama yang bisa Anda ketahui. Makanan tersebut cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.