Makanan yang Mengandung Asam Folat

By Categories : Kesehatan

Asam folat atau yang biasa disebut dengan Vitamin B9 merupakan salah nutrisi yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebuah penelitian menyatakan bahwa ada beberapa mafaat dari asam folat itu sendiri yaitu:

  • Pembentukan sel darah merah
  • Regenerasi sel
  • Perbaikan DNA
  • Pertumbuhan sel

Namun jika tubuh seseorang kekurangan asupan asam folat dapat menyebabkan kondisi mental yang buruk seperti depresi. Tak hanya itu saja, seorang ibu hamil yang kekurangan asam folat dapat menyebabkan bayi lahir prematur ataupun cacat. Untuk lebih jelasnya berikut adalah makanan yang mengandung asam folat.

Makanan yang Mengandung Asam Folat

Makanan yang kaya akan asam folat

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti buncis, kacang polong, kacang limau, kacang merah, kacang pinto ataupun kacang lainnya adalah makanan yang kaya akan asam folat. Kacang dalam semangkuk kecil yang Anda konsumsi dapat membantu untuk memnuhi kebutuhan asupan asam folat dalam setiap harinya.

2. Biji bunga matahari

Makanan yang kaya akan asam folat yang kedua adalah biji bunga matahari. Dalam 1 ons biji bunga matahari yang sudah dikupas mengandung asam folat sekitar 82 mcg. Selain sangat enak dinikmati saat santai. Biji bunga matahari juga dapat manfaatkan untuk makanan pelengkap sereal.

3. Buah Tomat

Dalam satu buah tomat mengandung asam folat sekitar 48 mcg. Asam folat dalam tomat sudah terbukti dalam menjaga kessehatan ibu hamil. Selain mengandung asam folat, buah tomat juga kaya akan vitamin lainnya seperti vitamin A yang baik untuk kesehatan, vitamin C yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh serta mengandung antioksidan yang berguna untuk menakal radikal bebas dan sel kanker.

4. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang kaya akan protein, kalsium dan tentunya asam folat. Kandungan asam folat dalam satu cangkir brokoli yaitu 104 mcg. Sehingga mengonsumsi brokoli secara teratur dapat meningkatkan kesehatan Anda.

5. Bayam

Selain brokoli bayam juga mengandung asam folat yang sangat tinggi. Dalam satu cangkirnya bayam mengandung 263 mcg asam folat. Namun tak hanya asam folat saja yang dikandung olah bayam. Bayam juga kaya akan zat besi, sehingga sering digunakan sebagai cara mengatasi anemia.

6. Buah alpukat

Selanjutnya adalah buah alpukat. Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini? Buah alpukat memiliki banyak vitamin yang sangat berguna untuk kesehatan. Salah satunya yaitu asam folat. Asam folat pada buah alpukat diketahui sangat bermanfaat untuk menurunkan tingkat kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan begitu, hal ini akan menurunkan resiko seseorang terkena resiko penyakit tekanan darah tinggi jantung, penyumbatan pembuluh darah dan juga stroke.

Demikianlah ulasan tentang makanan yang mengandung asam folat.

Tags:asam folat, buah buahan yang mengandung asam folat, makanan yang mengandung asam folat