Makanan yang Perlu Dihindari Saat Batuk

By Categories : Kesehatan

Ketika flu rentan terkena batuk jika daya tahan tubuh sedang lemah. Batuk dapat mengganggu aktivitas seharian, sehingga terasa kurang nyaman. Lebih lagi jika batu disertai dengan dahak tentunya akan sangat menyiksa. Batuk disebabkan oleh beberapa faktor termasuk virus, polusi udara, sampai dengan mengonsumsi makanan sembarangan.

Makanan yang Perlu Dihindari Saat Batuk

Untuk itu sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan tertentu merupakan ide baik dalam mengurangi resiko peradangan pada tenggorokan yang ujung-ujungnya memicu batuk. Di bawah ini terdapat beberapa makanan yang perlu dihindari ketika batuk. Lebih lanjutkan silahkan simak pembahasannya.

Berikut Makanan yang Perlu Dihindari Saat Batuk

Susu

Ketika Anda batuk mengonsumsi makanan yang tidak menyebabkan lendir bertambah merupakan ide baik, namun salah jika Anda mengonsumsi susu. Berdasarkan penelitian ketika mengonsumsi susu justru dapat menghasilkan lendir pada tenggorokan secara berlebih, sehingga batuk akan terasa menyiksa. Ini dikarenakan protein pada susu akan merangsang dan memproduksi lendir menjadi berlebih pada saluran usus. Oleh sebab itu ketika batuk berdahak sebaiknya hindari susu berlebih untuk menghindari produksi lendir berlebih.

Makanan Pedas

Makanan yang perlu dihindari ketika batuk adalah makanan dengan cita rasa pedas. Tak sedikit orang yang masih beranggapan bahwa dengan mengonsumsi makanan pedas dapat mengeluarkan lendir yang merupakan penyebab batuk. Hal tersebut justru salah, ini dikarenakan makanan pedas hanya akan memperburuk batuk yang dapat menyebabkan sakit pada tenggorokan. Untuk itu makanan pedas yang berbahan seperti lada, lombok, pada, paprika, dan rempah lainnya sebaiknya untuk dihindari.

Makanan Asam

Yang perlu dihindari berikutnya adalah makanan dengan cita rasa asam. Ketika seseorang sedang batuk biasanya disertai dengan rasa sakit dan gatal pada tenggorokan. Rasa gatal pada tenggorokan akan semakin parah ketika mengonsumsi makan makanan dengan cita rasa asam. Agar tidak semakin memperparah kondisi sebaiknya menghindari makanan asam.

Makanan yang Digoreng

Bagi Anda yang tidak ingin batuk semakin parah sebaiknya untuk menghindari jenis makanan yang cara pembuatannya dengan cara digoreng. Makanan yang digoreng justru dapat memproduksi lendir berlebih, terlebih jika minyak yang digunakan sudah digunakan lebih dari satu kali. Untuk itu selama batuk sebaiknya mengurangi atau menghindari makanan yang berminyak jika batuk tidak semakin parah.

Keju

Sama halnya dengan susu, keju juga dapat meningkatkan produksi dari lendir yang bisa membuat batuk semakin susah untuk berhenti. Oleh sebab itu sangat tidak disarankan jika mengonsumsi keju saat sedang batuk.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai makanan yang perlu dihindari ketika batuk. Anda dapat mengalihkan beberapa makanan yang baik saat batuk diantaranya seperti bayam yang mengandung zat besi, teh hijau, buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jahe yang baik untuk menghangatkan tubuh, air garam untuk membantu meredakan pilek yang disertai batuk, serta makanan dengan campuran bawang putih. Makanan-makanan tersebut tentunya perlu diimbangi dengan mengonsumsi obat yang bisa dibeli melalui apotek.

loading...
Tags:makanan yang bikin batuk tambah parah, makanan penyebab batuk, makanan yang harus dihindari saat batuk, pantangan batuk, aph pnyebab batuk trus jgn mengkonsumsi aph, makanan yang bikin batuk, batuk makan jengkol, apakah orang batuk tidak boleh makan santan, makan baso ketika batuk, Batuk makan mentimun, buah sawo menyebabkan batuk benar atau tidak, apakah jengkol pantangan batuk, apakah lombok bagus untuk batuk, apakah bayam bisa menyebabkan batuk, apakah pete menyebabkan batu