Makanan yang Perlu Dihindari Sebelum dan Setelah Berolahraga

By Categories : Kesehatan

Makanan yang perlu dihindari sebelum dan setelah berolahraga perlu diketahui oleh semua orang. Hal ini bertujuan agar olahraga yang Anda lakukan tetap optimal. Nah untuk lebih jelasnya, simak saja penjelasannya berikut ini.

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Sebab dengan berolahraga tubuh akan bugar dan terbebas dari segala macam penyakit. Hanya saja kesadaran untuk berolahraga tiap orang saat ini sudah mulai berkurang, padahal dengan melakukan hal ini kita akan mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Sebenarnya olahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, baik di tempat fitnes, kegiatan outdoor ataupun di dalam rumah. Lantas tahukah Anda apa yang menjadi masalah ketika berolahraga? Ya, makanan yang dikonsumsi.  Asupan nutrisi yang tepat sangat dibutuhkan untuk menjaga stamina saat olahraga, salah satunya olahraga lari. Namun perlu diketahui bahwa sebelum dan setelah berolahraga kita harus menghindari beberapa makanan yang mungkin saja dapat membuat olahraga kita kurang optimal.

Dokter spesialis olahraga DR. (med) dr. Carmen SY Jahja, Sportmed menyarankan sebelum olahraga sebaiknya kita tidak mengonsumsi makanan pada dan berat seperti nasi, lauk dan sayur. Mengapa demikian? Sebab perlu waktu hingga delapan hingga belasan jam untuk mencerna makanan tersebut secara sempurna. Jika kita mengonsumsi makanan tersebut sebelum olahraga maka tubuh akan lebih cepat lelah dan perut pun terasa tak nyaman.makanan-yang-perlu-dihindari-sebelum-dan-setelah-berolahraga

Daftar Makanan yang Perlu Dihindari Sebelum dan Setelah Berolahraga

Selain makanan berat, sebelum olahraga sebaiknya Anda juga hsrus mengonsumsi makanan manis yang mengandung banyak gula. Mengonsumsi makanan manis dapat merangsang pembentukan insulin, yaitu mengubah gula menjadi glukosa dalam darah.

Hal ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang akan memberi energi sesaat, tapi cepat juga turunnya sehingga mengakibatkan Anda mudah lelah. Setelah mengetahui beberapa makanan yang harus dihindari sebelum olahraga, berikut adalah daftar makanan yang sebaiknya dihindari setelah berolahraga.

Baca juga beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan yang telah terbukti

Daging Olahan

Makanan yang satu ini memang memiliki rasa lezat khas yang selalu memikat penikmatnya. Namun tahukah Anda bahwa daging olahan sangatlah tidak sehat dan dianjurkan untuk tidak dikonsumsi setelah berolahraga ataupun pada hari-hari biasa.

Mengapa tidak disarankan untuk dikonsumsi? Sebab daging olahan seperti salami, sosis, dan smoked beef kaya lemak dan sodium. Jika dikonsumsi kedua komponen tersebut dapat memperlambat sistem pencernaan. Sehingga makanan ini bisa menyebabkan perut buncit dan masalah kesehatan lainnya.

Sari Buah

Yang kedua adalah buah. Perlu diketahui jika buah sudah diolah menjadi jus maka serat yang terkandung akan hilang dan yang tersisa hanyalah nutrisi. Tak hanya itu saja, sari buah juga sarat dengan gula. Sehingga mengonsumsi sari buah terlalu banyak justru dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang berisiko meningkatkan diabetes, obesitas hingga kegemukan.

Setelah berolahraga tentu saja kita akan merasa haus, namun pastikan Anda menghindari jus buah sebaiknya minumlah air putih,  es teh herbal atau air kelapa untuk mengembalikan cairan dan stamina tubuh yang hilang.

Keju

Makanan yang perlu dihindari setelah berolahraga adalah keju. Sama seperti daging olahan, keju juga mengandung lemak jenuh dan garam yang tinggi. Setelah olahraga umumnya tubuh memperlukan protein agar bisa diolah menjadi otot, mengonsumsi karbohidrat, lemak dan garam setelah olahraga justru dapat membuat berat badan semakin naik.

Telur Goreng

Meskipun dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berprotein tinggi untuk membentuk otot, namun telur goreng pun tak disarankan untuk dikonsumsi setelah olahraga. Sebab ketika telur digoreng maka telur akan menjadi makanan berlemak tinggi. Oleh karena itu jika ingin mengonsumsi telur, sebaiknya pilihlah terus rebus yang lebih sehat dan rendah lemak.

Roti Tawar

Sebelum makan seperti seperti nasi, lauk dan sayur, setiap orang biasanya mengandalkan roti tawar untuk mengganjal perut. Namun pati sederhana yang terkandung dalam roti tawar akan cepat diolah tubuh menjadi gula.

Setelah olahraga, bukan gula yang dibutuhkan tubuh melainkan gizi dan nutrisi. Jika ingin tetap mengonsumsi roti, Anda bisa memakan roti gandum utuh dengan porsi kecil agar olahraga yang Anda lakukan tidak sia-sia.

Milkshake

Campuran es krim, susu dan buah ini memang memiliki rasa yang nikmat. Namun minuman tersebut juga kaya lemak dan gula yang dapat membuat berat badan Anda naik. Namun Anda tak perlu khawatir, karena Anda bisa mengganti susu sapi dengan susu nabati seperti susu kacang almond atau mengonsumsi teh hijau setelah olahraga juga sangat disarankan.

Sayuran Mentah

Meskipun sayuran mentah sangat segar dan kaya serat namun makanan ini bukanlah pilihan terbaik jika dikonsumsi setelah berolahraga. bukan tanpa alasan, sayuran mentah sangat rendah kalori, lemak dan juga protein. Seperti yang Anda ketahui tubuh memerlukan makanan yang lebih bernutrisi untuk pemulihan otot setelah olahraga.

Baca juga olahraga yang tepat untuk mengatasi sakit perut saat haid

Demikianlah ulasan mengenai makanan yang perlu dihindari sebelum dan setelah olahraga.

loading...
Tags:sayur sebelum olahraga berat