Manfaat Air Cucian Beras untuk Kecantikan

By Categories : Kecantikan

Manfaat air cucian beras penting untuk Anda ketahui, khususnya untuk perawatan kecantikan. Sebenarnya untuk mendapatkan kulit yang cerah, putih dan sehat tidak membutuhkan perawatan yang menghabiskan banyak uang. Para wanita seringkali melakukan berbagai macam perawatan untuk mendapatkan hal tersebut. Namun pernahkan Anda melakukan perawatan dengan menggunakan bahan alami? Saat menggunakan bahan alami, memanglah kita tidak dapat mendapatkan hasil secara instan.

Namun jika dilakukan secara rutin, ini akan memberikan efek yang baik untuk kecantikan kulit wajah dan Anda. Selain murah, perawatan dengan menggunakan bahan alami juga tidak memiliki efek yang buruk jika digunakan dalam jangka panjang. Salah satu perawatan dengan menggunakan bahan alami adalah dengan menggunakan air cucian beras. Meskipun sering dianggap sepele air cucian beras memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan.

manfaat air cucian beras

air cucian beras

Berikut Manfaat Air Cucian Beras

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat yang pertama adalah dapat mencegah penuaan dini. Kandungan inositol dalam air cucian beras berguna untuk memperlambat penuaan dini dan juga membantu perkembangan sel. Selain itu air cucian beras juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari radikal bebas penyebab penuaan dini serta biasa digunakan sebagai cara ampuh menghilangkan bintik hitam pada wajah. Caranya, bersihkan dahulu wajah Anda kemudian celupkan kapas lalu tepuk-tepukkan pada wajah Anda. Lakukan hal ini secara teratur yaitu 2 kali sehari untuk melancarkan peredaran darah di wajah serta mendapatkan kulit yang awet muda.

Membersihkan Kulit

Selain dapat mencegah penuaan dini, air cucian beras juga ampuh membersihkan kulit. Setelah bekerja seharian pastinya kulit akan menjadi kusam dan banyak noda yang menempel pada kulit. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan air cucian beras untuk lulur. Lulur dari air cucian beras berguna untuk memperbaiki sel kulit yang rusak.

Mencerahkan Wajah

Manfaat air cucian beras selanjutnya adalah untuk mencerahkan wajah. Beberapa kandungan vitamin dan zat seperti zat oryzanol pada kulir beras bermanfaat untuk memperbarui pembentukan pigmen melanin pada kulit, selain itu zat tersebut juga dapat melindungi kulit dari sinar UV. Cara menggunakannya yaitu, diamkan air cucian beras beberapa jam. Kemudian gunakan endapan air beras sebagai masker. Setelah kering, Anda dapat membilasnya hingga bersih.

Menguatkan Rambut

Tak hanya dapat digunakan untuk kulit dan wajah, cucian air beras juga berguna untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut. Cara menggunakannya pun mudah, yaitu setelah berkeramas, siramkanlah air cucian beras pada rambut. Setelah itu diamkan hingga beberapa menit kemudian bilaslah rambut dengan air hingga bersih. Penggunaan air cucian beras pada rambut secara teratur, dapat memperbaiki batang rambut yang rusak serta memperkuat rambut agar tidak mudah rontok.

Mengecilkan Pori-pori

Manfaat air cucian beras selanjutnya adalah berguna untuk mengecilkan pori-pori. Pori-pori yang membesar tentunya dapat membuat kulit berminyak dan mudah berjerawat. Namun jangan khawatir, karena Anda bisa mencoba cara mengecilkan pori-pori wajah yang satu ini. Cara memanfaatkan air  cucian beras untuk mengecilkan pori-pori pun sangat mudah yaitu ambil kapas dan celupkan ke dalam air bekas cucian beras lalu usapkan pada wajah secara perlahan. Agar kulit tampak segar dan pori-pori mengecil, lakukanlah hal ini secara teratur.

Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan jenis penyakit kulit yang sangat menganggu. Jika tidak segera diatasi jerawat tentu saja dapat membuat seseorang tak percaya diri. Selain menggunakan produk perawatan anti jerawat ataupun obat jerawat, Anda juga bisa mengatasinya dengan bahan alami yaitu dengan menggunakan air cucian beras. Penggunaan masker wajah cucian air beras secara runtin, dapat membuat jerawat teratasi.

Melembutkan Rambut

Selain menguatkan, masker rambut yang satu ini juga dapat membuat rambut tampak lembut, hitam dan indah caranya, oleskan air cucian beras pada rambut dari akar hingga ujung, diamkan selama 15 hingga 20 menit lalu bilas dengan shampoo dan conditioner.

Cara membersihkan wajah dengan menggunakan air beras yang tepat

Meskipun sudah dijelaskan bagaimana cara mengaplikasikannya, akan tetapi tak ada salahnya untuk mengetahui lagi bagaimana cara membersihkan wajah yang tepat dengan menggunakan air beras. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

  1. Yang pertama adalah masukkan air lalu cuci beras sebentar. Hal ini bertujuan agar debu dan kotoran dari beras dapat hilang. Lalu buang airnya.
  2. Yang kedua adalah tambahkan air yang segar lalu aduk-aduk dengan tangan. Diamkan selama 30 menit agar nutrisi dalam beras terbawa dengan air. selanjutnya pisahkan air dan beras tersebut dan Anda bisa membasuh wajah dengan air tersebut. jangan lupa untuk memijat wajah dengan lembut.
  3. Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan wajah dengan handuk dan menepuk-nepuk kulit.

baca juga : cara mencerahkan kulit secara alami

Nah itulah beberapa manfaat air cucian beras untuk kecantikan. Perawatan dengan menggunakan bahan alami ini, tentunya tidak dapat terlihat dalam penggunaan 1 atau 2 kali saja. Penggunaan yang teratur dan rutin adalah kunci utama untuk mendapatkan kecantikan alami.

loading...
Tags:manfaat endapan air cucian beras, Manfaat endapan air beras, endapan air beras, manfaat air endapan beras, manfaat endapan cucian beras, manfaat endapan air beras untuk wajah, manfaat endapan beras, manfaat masker endapan cucian beras, manfaat air endapan cucian beras, Manfaat masker endapan beras, masker endapan air beras, Manfaat masker endapan air beras, manfaat endapan cucian beras untuk wajah, masker ampas beras, manfaat ampas beras