Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Siapa yang tidak mengetahui buah yang satu ini? Buah yang memiliki nama latin cocos nucifera ini merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam suku pinang-pinangan (arecaceae). Tanaman yang satu ini dapat kita temui dengan mudah saat kita berada di pesisir ataupun pantai. Namun untuk buahnya sendiri, kelapa dapat kita temukan dengan mudah di mana saja. Hal ini dikarenakan peminat buah kelapa sangatlah banyak.

manfaat air kelapa hijau

Selain sangat menyegarkan saat dikonsumsi, buah kelapa juga kaya akan vitamin dan nutisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan.

Khasiat kelapa hijau muda untuk kesehatan tubuh

  • Menetralisir racun dalam tubuh

Manfaat air kelapa hijau yang pertama adalah untuk menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Hal ini memang sudah dipercaya masyarakat sejak dulu. Kandungan tanin dan sifat air kelapa yang anti racun berguna untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh. Saat tubuh keracunan makanan ataupun minuman, cara efektif untuk mengeluarkan racunnya adalah dengan cara mengonsumsi air kelapa.

  • Menangkal radikal bebas

Manfaat yang kedua adalah menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, Anda juga dapat menangkal radikal bebas dengan menggunakan air kelapa. Selain untuk kesehatan, air kelapa juga dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini pada kulit wajah Anda.

  • Menstabilkan kadar kolesterol

Seperti yang Anda ketahui kolesterol merupakan sejenis lemak yang ada di dalam tubuh. Namun jika lemak tersebut berlebih tentunya dapat menyebabkan berbagai macam masalah pada kesehatan seperti obesitas, penyumbatan pembuluh darah, mengganggu kinerja jantung dan menyebabkan stroke. Selain berolahraga, Anda dapat mengatasi kolesterol yang menumpuk dalam tubuh dengan menggunakan air kelapa.

  • Mengatasi dehidrasi

Manfaat air kelapa yang selanjutnya adalah untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Hal ini dikarenakan air kelapa hijau memiliki kandungan elektrolit yang sangat tinggi, sehingga hal tersebut dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang selama beraktifitas. Tak hanya itu saja, air kelapa juga kaya akan potasium yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan air dalam darah agar tetap stabil.

  • Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin

Yang terakhir adalah air kelapa sangat baik dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandung. Kandungan asam laurat pada air kelapa dapat melawan berbagai macam bakteri, kamur ataupun virus yang berusaha menyerang sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Oleh karena itu, mengonsumsi air kelapa secara teratur sangat baik untuk menjaga kesehatan janin dan ibu hamil.

Nah itulah beberapa manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan. Baca juga artikel tentang Manfaat ubi jalar bagi kesehatan.