Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan dan Jerawat

By Categories : Kecantikan

Manfaat bawang putih untuk kecantikan? Hal inilah yang sering ditanyakan oleh setiap orang, terutama bagi para wanita. Sebab yang selama ini diketahui adalah bawang putih hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat rempah-rempah yang memiliki nama latin Allium sativum L ini? Daripada penasaran, simak saja ulasan berikut ini.

Memiliki kulit yang bersih dan bebas jerawat adalah impian bagi setiap orang. Maka jangan heran jika banyak orang yang akan melakukan apa saja untuk mendapatkan apa yang mereka idam-idamkan, mulai dari menggunakan produk kecantikan hingga melakukan perawatan wajah di salon kecantikan. Memilih produk dan salon kecantikan yang tidak tepat tentu saja dapat membuat wajah Anda akan mengalami masalah seperti jerawat, komedo dan lainnya.

Oleh karena itu pilihlah produk dan salon kecantikan yang sudah terdaftar di BPOM. Selain itu, tak ada salahnya jika Anda menggunakan bahan alami untuk perawatan wajah. Menggunakan bahan alami pastinya lebih aman dan bebas efek samping. Selain memanfaatkan bahan alami seperti buah alpukat, minyak zaitun, putih telur, jeruk nipis dan pisang, Anda juga bisa memanfaatkan bawang putih.

Tak hanya berguna untuk melezatkan masakan dan mengobati penyakit, bumbu dapur yang satu ini juga memiliki khasiat yang baik untuk kecantikan. Mau tahu apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.manfaat-bawang-putih

Inilah Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan dan Jerawat

Mengatasi Komedo

Manfaat bawang putih yang pertama adalah dapat mengatasi komedo. Meskipun tidak terlihat jelas, namun munculnya komedo pun dapat menganggu penampilan. Sebab komedo dapat membuat make up menjadi tidak rata dan tak natural. komedo biasanya muncul di sekitar hidung, namun Anda tak perlu khawatir, karena bawang putih dapat mengatasi masalah yang satu ini.

Baca juga manfaat bawang putih untuk kesehatan

Caranya pun sangat mudah, kupas bawang putih dan haluskan. Setelah itu oleskan bawang putih pada wajah yang berkomedo. Gosok secara perlahan agar komedo dan kotoran lainnya dapat terangkat. Lalu Anda bisa membilasnya dengan air hingga bersih.

Mengobati Jerawat

Jerawat memang menjadi salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh setiap orang. Sebab jerawat akan menganggu penampilan, terutama bagi jerawat yang meradang. Untuk mengobatinya, tak perlu repot-repot pergi ke salon kecantikan, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan bawang putih.

Caranya, haluskan satu atau dua siung bawang putih lalu terapkan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan sekitar 10 menit di malam hari sebelum tidur. Kandungan sifat anti bakteri dan anti inflamasi pada bawang putih dapat mengempeskan jerawat hanya dalam semalam dan mencegah terjadinya peradangan. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Melembutkan Kulit

Kulit yang terbebas dari jerawat dan komedo tentu saja akan lembut dan indah. Tak hanya itu, senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih juga dapat membantu melembutkan kulit. cara memanfaatkannya pun sangat sederhana, Anda bisa membuat masker dari bawang putih.

Agar baunya tidak menyengat, Anda bisa menambahkan sedikit madu dan jangan terlalu lama dalam pengaplikasiannya. Oleskan masker jerawat ini secara merata pada wajah dan diamkan beberapa menit lalu cuci wajah hingga bersih.

Melawan Tanda-tanda Penuaan

Manfaat bawang putih untuk kecantikan selanjutnya adalah bermanfaat untuk melawan tanda-tanda penuaan. Caranya pun hampir sama seperti cara di atas. Kandungan senyawa baik dalam bawang putih sangat berguna untuk melembutkan garis-garis  halus dan kerutan yang muncul pada wajah. Penggunaan masker bawang putih secara teratur dapat membuat kulit tampak awet muda.

Mengatasi Rambut Rontok

Khasiat berikutnya adalah untuk mengatasi rambut rontok. Rambut rontok dan rambut bercabang juga menjadi masalah yang sering dialami oleh banyak orang, tak terkecuali pria dan wanita. jika tak segera diatasi masalah yang satu ini tentu saja dapat membuat kebotakan dini. Namun Anda tak perlu khawatir, karena kandungan allicin pada bawang putih berguna untuk melembutkan dan mengatasi kerontokan rambut.

Caranya, haluskan irisan bawang putih lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala. Pijatkan lembut agar nutrisi dari bawang putih meresap ke dalam kulit. Lakukan hal ini secara teratur agar rambut dapat kembali normal.

Mengurangi Bekas Luka

Bekas luka yang terdapat pada wajah akibat cacar ataupun masalah kulit lainnya tentu saja dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Penggunaan krim oles saja tidak dapat mengatasi masalah yang satu ini oleh karena itu, cobalah untuk menggunakan beberapa bahan alami seperti bawang putih dan madu.

Bawang putih memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang bisa digunakan untuk mengatasi bekas luka. Selain itu, kandungan vitamin C pada madu juga sangat ampuh untuk mengatasinya. Caranya, campurkan keduanya lalu oleskan pada bekas luka. Diamkan lalu bilas hingga bersih.

Baca juga cara meghilangkan noda hitam dan jerawat di wajah untuk calon pengantin

Demikianlah ulasan mengenai manfaat bawang putih untuk kecantikan dan jerawat.

loading...