Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Bawang putih yang sering kita kenal sebagai bahan sebagai penyedap rasa masakan. Bawang putih merupakan tanaman rempah-rempah yang dikategorikan masih keluarga umbi-umbian, dengan memiliki ciri berbau khas yang sangat menyengat membuat tanaman ini tidak ada yang mengonsumsinya secara langsung. Padahal jika dikonsumi secara langsung bawang putih memiliki manfaat yang sangat banyak dibandingkan sudah menjadi bahan campuran masakan.

Makan-bawang-putih

Bawang putih memiliki banyak kandungan yang berberan penting untuk kesehatan tubuh diantaranya memiliki sumber allicin, selenim, dan masih banyak lagi. Kandungan allicin yang terdapat dalam bawang putih itu sendiri memiliki manfaat yang sangat banyak diantaranya menjaga kekebalan tubuh, membantu menurunkan tekanan darah, proses penyembuhan dan sebagai detoksifikasi.

Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat bawang putih untuk kesehatan Anda bisa perhatikan penjelasan dibawah ini. Baca juga artikel iniĀ Manfaat Serai Bagi Kesehatan.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan

Membantu menyembuhkan luka infeksi
Kandungan ajonine ini sama halnya dengan sumber allicin yang berperan untuk proses penyembuhan pada luka sampai dengan terjadinya infeksi yang disebabkan oleh jamur dan bakteri.

Mengurangi tekanan darah tinggi
Kandungan allicin yang terdapat dalam bawang putih ini biasa disebut dengan angiotensis II yang merupakan sebagai protein yang bekerja langsung pada pembuluh darah sehingga dapat mengurangi tekanan darah. Oleh karena itu bagi penderita tekanan darah tinggi sangat dianjurkan mengonsumsi bawang secara langsung karena cara itu lebih baik dari pada mengonsumsi bawang putih yang sudah dimasak.

Mengurangi resiko penyakit kanker
Penyakit yang satu ini memang telah menjadikan ketakutan banyak masyarakat, penyakit yang proses penyembuhannya relatif sangat sulit. Namun dengan bawang putih terbukti ampuh dapat mengurangi resiko penyakit kanker dalam jenis apapun. Kandungan allylsulphides pada bawang putih inilah yang bekerja untuk menangkal kanker di dalam tubuh.

Mengatasi masalah pernapasan
Bawang putih memiliki kandungan antibakteri yang memiliki manfaat besar bagi masalah pernapasan diantaranya membantu mengobati infeksi pada saluran pernapasan, asma dan sakit radang tenggorokan.

Itulah tadi berapa manfaat bawang putih untuk kesehatan, mengingat banyak sekali manfaat dari bawang putih maka dari itulah bawang putih sekarang menjadi obat yang sangat berharga. Selain enak sebagai bahan penyedap rasa juga sangat bayak juga manfaatnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! Baca juga artikel lainnya Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan.

loading...