Manfaat Bayam untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Amaranthus spp atau bayam merupakan tumbuhan yang biasa dimanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi. Selain diolah sebagai keripik, bayam juga sering diolah menjadi sayur. Bayam kaya akan zat-zat yang baik untuk kesehatan tubuh seperti, vitamin C, vitamin C, vitamin E, asam folat, zat besi, magnesium, zat fiber, klorofil dan juga zat fiber. Meskipun memiliki harga yang sangat terjangkau, bayam memiliki manfaat yang sangat banyak untuk tubuh. Apa saja manfaat tersebut? Berikut adalah manfaat bayam untuk kesehatan tubuh!

manfaat-bayam

Khasiat daun bayam bagi kesehatan

Mencegah kanker

Manfaat yang pertama adalah dapat digunakan untuk mencegah kanker. Kandungan flavanoid pada bayam sangat bermanfaat untuk mencegah peyakit mematikan tersebut. Mengonsumsi bayam secara tertatur dapat menurunkan resiko seseorang terserang kanker sebesar 34%. Khususnya pada kanker prostat, kanker perut dan juga kanker rahim.

Menyehatkan jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital pada tubuh manusia yang wajib dijaga kesehatannya. Seperti yang Anda ketahui salah satu pemicu penyakit jantung adalah pola makan dan gaya hidup yang tak sehat seperti, jarang berolahraga dan juga sering mengonsumsi makanan instan serta junk food. Kandungan magnesium, vitamin A, C dan juga folat berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

Menyehatkan pencernaan

Selain menyehatkan jantung, bayam juga berguna untuk membantu Anda untuk mengatasi masalah pencernaan. Hal ini dikarenakan bayam kaya akan serat. Seperti yang Anda ketahui serat berguna untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah pada pencernaan lainnya seperti, wasir, konstipasi dan juga sembelit.

Mencegah anemia

Anemia adalah penyakit yang disebabkan karena kurangnya kadar darah dalam tubuh. Salah satu penyebab dari anemia adalah kurangnya zat besi dalam tubuh, untuk memenuhi zat tersebut Anda dapat menggunakan bayam sebagai makanan pendamping sehari-hari. Kandungan zat besi pada bayam berperan dalam meregenerasi atau memperbanyak produksi sel darah merah. Sehingga Anda dapat terhindar dari anemia.

Menurunkan tekanan darah

Bagi penderita hipertensi atau  tekanan darah tinggi makanan yang harus dihindari adalah makanan yang kaya akan sodium atau garam. Bayam kaya akan kalium namun rendah sodium yang baik untuk menurunkan darah Anda. Tak hanya itu, kandungan folat pada bayam juga dapat melancarkan aliran darah dan tentunya menurunkan tekanan darah tinggi.

Menyehatkan mata

Manfaat selanjutnya adalah sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Sumber vitamin A dan lutein pada bayam dapat menutrisi organ mata serta dapat mencegah berbagai macam masalah pada mata seperti katarak dan penurunan penglihatan dini.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bayam untuk kesehatan tubuh. Namun dalam mengolah sayur bayam sebaiknya tidak perlu dipanaskan, ini karena kandungan zat gizi fe2+ dapat berubah menjadi racun apabila teroksidasi dengan fe3+.

Tags:minuman bersoda tuk kesehatan