Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Brokoli merupakan sayuran  yang dikategorikan masih keluarga kubis-kubisan dan memiliki nama latin Brassica oleracea. Tanaman ini merupakan tanaman yang memang asli berasal dari negara kita yaitu Indonesia, dulu tanaman ini pertama kali dibudidayakan di daerah Lautan Tengah pada tahun 1970-an dan dikenal sebagai bahan pangan pada saat itu.
P
Brokoli memiliki ciri-ciri khusus yang tidak dimiliki sayuran lainnya yaitu memiliki kepala bunga yang berwarna hijau dan bercabang tebal seperti pohon. Bunga kol dengan brokoli memang terlihat sama namun antara keduanya memiliki perbedaan di antaranya dari warna dan tekstur ketebalan batang. Brokoli sangat bagus jika dikonsumsinya secara langsung karena banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan. Namun jangan khawatir Anda juga bisa dengan cara memasak seperti mengukusnya dan manfaatnya juga tidak kalah banyaknya.

Kandungan gizi yang terdapat dalam brokoli adalah glucoraphanin,  vitamin c, vitamin E, karotenoid , asam folat serta provitamin A. Salah satu mengenai manfaat brokoli untuk kesehatan yaitu dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya resiko terkena penyakit kanker. Untuk lebih tahu apa saja manfaat yang lainnya, simak saja manfaat brokoli untuk kesehatan berikut ini.

Khasiat Brokoli untuk Kesehatan

Mencegah Kanker
Kandungan glucoraphanin dari brokoli dapat berfungsi untuk dijadikan senyawa anti kanker, oleh karena itu seyawa ini akan bekerja untuk menangkal bakteri dalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker. Jika sudah terkena penyakit kanker, brokoli dapat memperlambat pertumbuhan kanker tersebut.

Kesehatan Mata
Vitamin A yang terdapat dalam brokoli juga sama tingginya dengan wortel, maka dari itu brokoli juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu brokoli dapat membantu proses penyembuhan penyakit katarak dan juga mencegah terkena kanker mata.

Menjaga Kesehatan Jantung
Kesehatan jantung merupakan salah satu kesehatan yang harus selalu dijaga. Untuk menjaganya Anda bisa mengonsumsi brokoli setiap 2 kali sehari agar fungsinya bekerja secara maksimal. Adapun manfaatnya adalah mencegah penebalan arteri dalam tubuh, sehingga dapat melawan penyakit jantung dan stroke.

Itulah tadi manfaat brokoli untuk kesehatan. Semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan bagi kita semua. Baca juga artikel terkait lainnya Manfaat Terong Ungu Bagi Kesehatan.

loading...
Tags:brokoly