Manfaat Buah Bit Merah Untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Buah bit merah atau yang memiliki nama lain beetroot ini memang sangat jarah bisa kita temui di Indonesia. Hal ini dikarenakan tamanan yang satu ini merupakan jenis umbi-umbian yang berasal dari daratan inggris dan di beberapa negara bagaian Amerika. Buah yang memiliki warna merah maroon ini ternyata memiliki segudang nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah mengandung vitamin C, kalsium, magnesium, fosfor, asam folat, kalium dan masih banyak lagi lainnya. Kandungan nurtisi yang terdapat di dalam buah bit merah tersebut memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit dalam tubuh. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat buah bit merah untuk kesehatan. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut !

manfaat buah bit merah

Inilah Manfaat Buah Bit Merah Untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat buah bit merah yang pertama yaitu berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan buah bit merah memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Dimana kandungan tersebut dapat berperan untuk membantu menurunkan kadar tekanan darah tinggi. Karena jika tekanan darah tinggi dalam tubuh tidak segera di atasi maka akan mempengaruhi kondisi kesehatan jantung. Namun dengan mengonsumsi buah bit merah entah secara langsung ataupun di buat jus, maka akan membuat kondisi kesehatan jantung tetap terjaga.

Menjaga Stamina Dalam Tubuh
Meminum secara rutin buah bit merah ketika sebelum mulai beraktivitas dapat bermanfaat untuk meningkatkan stamina dalam tubuh. Hal ini dikarenakan buah bit merah memiliki kandungan nitrat yang berfungsi untuk mengurangi pengeluaran oksigen pada saat beraktivitas. Maka dengan begitu, meskipun banyak melakukan aktivitas tubuh tetap dalam kondisi fit atau bugar.

Mencegah Anemia
Manfaat buah bit merah untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mengatasi ataupun mencegah anemia. Penyakit yang satu ini disebabkan akibat kekurangan zat besi dalam tubuh. Namun dengan banyak mengonsumsi buah bit merah dapat mengatasi penyakit tersebut. Hal ini dikarenakan buah bit merah memiliki kandungan zat besi yang dapat berperan untuk mengaktifkan kembali sel darah merah dan menyuplai oksigen dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Ginjal
Dengan mengonsumsi buah bit merah secara rutin juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Dimana berperan untuk membersihkan ginjal dan kantung empedu, maka dengan begitu racun yang terdapat dalam kedua organ tersebut dapat dengan mudah untuk dikeluarkan.

Demikian penjelasan mengenai manfaat buah bit merah untuk kesehatan. Meskipun buah bit merah memang sangat mahal tapi jika melihat manfaatnya yang begitu banyak bagi kesehatan tentu tidak menjadi masalah. Baca juga artikel terkait lainnya Manfaat Anggur Merah Bagi Kesehatan.