Manfaat Buah Markisa bagi Ibu Hamil

By Categories : Kesehatan

Manfaat buah markisa tidak hanya dapat menyembuhkan beberapa penyakit saja, tetap juga baik untuk ibu hamil. Hamil merupakan suatu masa yang sangat membahagiakan bagi para pasangan suami dan istri. Hal ini dikarenakan dengan hadirnya buah hati, ini akan membuat keluarga selalu ramai dan menyenangkan. Maka jangan heran jika banyak pasangan suami istri yang bekerja keras untuk mendapatkan momongan. Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, saat hamil para wanita juga diwajibkan untuk mengonsumsi buah yang baik untuk ibu hamil. Salah satu buah tersebut adalah buah markisa.

Sama halnya dengan buah lainnya, buah markisa juga kaya akan vitamin dan nutrisi seperti, antioksidan, ineral, asam sitrat, energi, serat, kalsium, kalium, asam folat, magnesium, zat tannin dan masih banyak lagi kandungan nutrisi pada buah markisa. Lantas apa saja manfaat buah markisa? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini!

Manfaat Buah Markisa

buah markisa

Manfaat Buah Markisa di Massa Kehamilan

Menjaga sistem kekebalan tubuh

Pada umumnya ada beberapa cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh selain dengan rutin berolahraga cara lain adalah dengan mengonsumsi buah markisa. Hal ini dikarenakan buah markisa kaya akan vitamin C. Vitamin C yang terkandung dalam buah markisa berguna untuk menangkal radikal bebas dan virus penyebab penyakit.

Mencegah anemia

Salah satu penyakit yang sering menyerang ibu hamil adalah anemia. Anemia merupakan penyakit yang disebabkan kurangnya sel darah dalam tubuh. Jika tidak segera diatasi tentunya hal ini dapat mengganggu pembentuk sel darah pada bayi. Oleh karena itu, mulailah untuk mengosumsi buah markisa. Karena buah markisa kaya akan zat besi dapat membantu Anda untuk menstabilkan sel darah merah Anda.

Mencegah cacat pada janin

Manfaat buah markisa selanjutnya adalah berguna untuk mencegah lahir cacat pada janin. Seperti yang Anda ketahui salah satu nutrisi yang berguna untuk mengatasi hal tersebut adalah asam folat. Markisa juga merupakan salah satu buah yang kaya akan asam folat. Sehingga memanfaatkan buah markisa sebagai jus dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan Anda dan janin Anda. Selain dapat mencegah cacat pada janin, asam folat juga dapat meningkatkan kualitas sel darah merah serta dapat membantu pertumbuhan jaringan bagi janin.

Melancarkan pencernaan

Saat hamil para wanita biasanya akan mengalami masalah pencernaan seperti sembelit atau konstipasi. Sehingga buah ini sangat cocok dan berguna untuk mengatasi masalah ini. Selain markisa, Anda juga dapat mengonsumsi buah lainnya seperti apel, anggur, pear dan lainnya. pastikan Anda mencuci buah terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsinya.

Melancarkan produksi ASI

Selanjutnya adalah berguna untuk melancarkan produksi ASI. Saat sudah terlahir di dunia, pastinya bayi membutuhkan asupan makanan. salah satu asupan makanan terbaik bagi bayi adalah ASI ekslusif. Hal ini dikarenakan ASI bermanfaat untuk menjaga kesehatan bayi dan juga untuk mendukung tumbuh dan kembangnya. Untuk melancarkan produksi ASI dengan buah markisa, Anda dapat langsung mengonsumsinya ataupun membuatnya menjadi jus.

Kaya akan zat besi

Manfaat buah markisa selanjutnya buah markisa kaya akan zat besi. Seperti  yang kita ketahui zat besi merupakan salah satu nutrisi yang memiliki peranan untuk melancarkan dan menyehatkan sel darah merah. Sehingga ibu hamil yang sering mengonsumsi makanan kaya zat besi akan terhindar dari anemia. Anemia adalah penyakit yang menyebabkan seorang penderitanya mudah lelah dan capek. Tak hanya itu saja, sel darah merah juga memiliki peranan besar dalam membentuk sel darah merah dalam tubuh bayi.

Menyehatkan mata

Tak hanya wortel saja, buah markisa juga sumber vitamin A terbaik yang dapat dikonsumsi. Mengonsumsi buah markisa secara teratur dapat menjaga kesehatan mata dan menghindarkan dari kebutaan, katarak dan degerasi makula.  Selain itu, vitamin A pada buah ini juga memiliki peranan penting untuk membuat kulit tetap sehat, lembab dan bersinar.

Mengontrol tekanan darah dalam tubuh

Darah tinggi dan darah rendah merupakan penyakit pada sistem  peredaran manusia yang sangat menganggu. Jika tidak segera diatasi dan dicegah kedua penyakit tersebut dapat membahayakan jiwa. Namun Anda jangan khawatir karena kandungan kalium pada buah markisa dapat menjaga keseimbangan cairan dari sel-sel di dalam tubuh. Seperti yang Anda ketahui, kalium adalah mineral penting bagi tubuh yang memiliki peranan sebagai vasolidator. Tekanan darah tinggi ataupun tekanan darah rendah sangat berbahaya jika dialami oleh ibu hamil, karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Melancarkan sirkulasi darah

Agar oksigen dapat mengalir secara lancar ke beberapa bagian tubuh dan organ penting lainnya, sel darah merah membutuhkan komponen penting seperti tembaga dan juga besi. Salah satu sumber  mineral yang dapat Anda konsumsi adalah buah markisa. Aliran darah yang sehat pastinya dapat membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Tak hanya itu saja, sistem peredaran darah yang lancar dapat menghindarkan tubuh dari risiko penyakit jantung.

Nah itulah beberapa manfaat buah markisa untuk ibu hamil.

Tags:markisa, buah markisa, manfaat buah markisa bagi bumil, baguskah jus markisa untuk ibu hamil?, markisa buat ibu hamil boleh ap tidak, markisa bagi ibu hamil, manfaat buah markisah bagi ibu hamil, manfaat buah markisa untuk ibu hamil, Efek mengkonsumsi buah markisa untuk ibu hamil muda, buah markisa untuk ibu hamil, buah markisa untuk bumil, buah markisa buat orang hamil, buah markisa bagi kandungan, buah markisa bagi ibu hamil, bahaya gx buah markisa but ibu hamil muda