Manfaat Buah Melon Bagi Kecantikan dan Kesehatan

By Categories : Kecantikan

Manfaat buah melon untuk kecantikan dan kesehatan sebenarnya sudah diketahui oleh banyak orang. Namun tak sedikit pula seseorang yang tidak mengetahui apa saja khasiat dari buah yang satu ini. Bagi Anda yang menyukai buah melon, Anda patut bersyukur karena selain memiliki rasa yang enak, buah melon juga kaya akan manfaat untuk menjaga kecantikan serta kesehatan tubuh.

Melon merupakan salah satu buah yang memiliki ukuran seperti semangka serta kaya akan kandungan air. Buah melon ini sangat cocok jika dikonsumsi pada saat siang hari ketika cuaca yang panas. Hal ini dikarenakan kandungan air yang tinggi pada buah ini tentunya dapat menghidrasi tubuh. Selain itu buah melon juga banyak memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh.

Manfaat buah melon untuk kecantikan dan kesehatan

Ini karena buah ini kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, kalium, kolagen dan serat cukup tinggi. Beberapa kandungan tersebut sudah terbukti dalam membantu menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh Anda secara alami. Vitamin yang terkandung dalam buah ini bersifat antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat menangkal radikal bebas.

Kandungan vitamin A pada buah ini juga tak hanya baik untuk kesehatan mata saja, namun vitamin A juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan beberapa organ tubuh lainnya, seperti selaput lendir, tulang, gigi, mata, kulit dan lainnya. Sedangkan kandungan kalium pada buah ini ternyata juga cukup efektif untuk mencegah beberapa penyakit berbahaya seperti jantung dan menstabilkan tekanan darah. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa manfaat dari buah melon untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Buah Melon Bagi Kecantikan

Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat yang pertama adalah untuk mencerahkan kulit wajah. Kandungan air yang tinggi pada buah ini tak hanya dapat menyehatkan tubuh saja, akan tetapi juga dapat mengatasi kulit wajah berminyak serta dapat membuat kulit wajah Anda semakin segar dan cerah.

Cara mencerahkan wajah dengan menggunakan buah melon cukup mudah Anda bisa mengonsumsi buah melon sebanyak 200 gram perhari dan jika menginginkan hasil yang efektif lakukan dengan cara perawatan luar dengan membuat masker wajah dari buah melon.  Caranya cukup dengan menghaluskan buah melon sesuai dengan kebutuhan lalu oleskan pada area wajah seperti masker dan diamkan 15 menit setelah itu bersihkan dengan menggunakan air bersih.

Baca juga tips menghaluskan kulit wajah secara alami

Mencegah Penuaan Dini

Hal ini biasanya sangat sering dialami oleh para wanita, karena penuaan dan keriput pada wajah tentunya dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Untuk mencegah penuaan dini Anda bisa memanfaatkan buah melon. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuat masker melon seperti di atas namun yang membedakan adalah dengan tambahan sedikit madu agar hasil lebih optimal. Lalu oleskan dengan cara memijat-mijat pada bagian area bawah mata, pipi dan dahi sekitar 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Menyehatkan Bagian Kepala dan Rambut

Untuk perawatan pada bagian kepala dan rambut Anda bisa melakukan dengan cara hampir sama dengan di atas, yaitu siapkan buah melon matang dan sedikit madu. Lalu haluskan buah melon dan campurkan dengan sedikit madu Setelah itu Anda bisa mengoleskan semua bahan pada bagian kepala dengan melakukan pijatan sekitar 20 menit dan bilas dengan menggunakan shampo agar harum. Jika menginginkan hasil maksimal lakukan setiap 1 minggu 2 kali.

Membantu Melembabkan Kulit

Manfaat buah apel untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk melembabkan kulit. Sudah dijelaskan tadi bahwa buah apel kaya akan kandungan air di dalamnya. Selain dapat mencerahkan wajah, kandungan air dalam buah apel dapat melembabkan kulit. Caranya, haluskan daging buah melon secukupnya lalu tambahkan dengan 2 sendok madu ataupun dengan minyak zaitun. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat dan air dingin agar pori-pori wajah dapat mengecil.

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan Tubuh

Selain untuk kecantikan, buah melon juga kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh, apa saja khasiat buah melon untuk kesehatan? Simak ulasan berikut ini.

Menyehatkan Mata

Manfaat bagi kesehatan yang pertama adalah untuk menyehatkan mata. Mengonsumsi buah melon dengan takaran yang tepat dapat melindungi mata Anda dari beberapa gangguan pada mata, seperti katarak, mata minus dan lainnya. Hal ini dikarenakan melon kaya akan vitamin A yang dapat mengoptimalkan kinerja mata.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Yang kedua adalah dapat menjaga pencernaan agar tetap sehat. Jika Anda memiliki masalah pencernaan seperti susah buang air besar ataupun sembelit, cobalah untuk mengonsumsi buah melon. Karena melon kaya akan kandungan air dan serat yang baik untuk mengatasi masalah pencernaan.

Baca juga  jenis buah untuk pencernaan agar selalu sehat

Nah, itu tadi pembahasan mengenai manfaat buah melon bagi kesehatan Anda. Tak hanya enak dimakan namun buah melon juga kaya manfaat yang diperlukan oleh tubuh kita.

Tags:manfaat buah melon untuk wajah, shampo buah melon