Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Buah pepaya memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Buah yang berasal dari negara Meksiko dengan nama latin carica pepaya merupakan jenis tumbuhan genus yang dapat tubuh secara subur di daerah tropis seperti negara Indonesia. Buah yang satu ini banyak mengandung sumber vitamin dan serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Buah yang memiliki julukan sebagai “ Fruit of the anggels” juga memiliki beberapa kandungan lain diantaranya kalsium, protein, fosfor, karbohidrat dan masih banyak lagi lainnya.  Oleh karena itulah tidak heran jika buah pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lantas apa sajakah manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh ? Simak ulasan dibawah ini !

Manfaat Buah Pepaya bagi kesehatan

Berikut Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Melancarkan Pencernaan
Seperti yang kita tahu buah pepaya memang sangat terkenal dengan manfaatnya untuk melancarkan pencernaan seperti masalah sembelit atau susah buang air besar. Hal ini dikarenakan buah pepaya memiliki kandungan tinggi serat. Bukan hanya itu saja buah pepaya juga bermanfaat untuk mencegah kanker usus besar dan menurunkan resiko kanker kolon.

Anti Inflamasi
Kandungan enzim papain dan chymopapain dalam buah pepaya berfungsi sebagai anti inflamasi atau peradangan. Selain itu juga dapat bermanfaat untuk membantu dalam proses penyembuhan luka. Jadi buah pepaya ini sangat baik untuk dikonsumsi bagi pendrita sakit rematik, asma dan penderita alergi.

Menyehatkan Tulang
Manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Masalah pada kesehatan tulang biasanya disebabkan karena kekurangan asupan vitamin K dalam tubuh. Untuk memenuhi asupan vitamin K dalam tubuh, bisa dengan cara mengonsumsi buah pepaya secara teratur. Maka dengan begitu kondisi kesehatan tulang akan terjaga setiap harinya.

Menjaga Kesehatan Jantung
Bukan hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, buah pepaya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan kalium dan vitamin yang ada dalam buah pepaya. Dimana peningkatan kalium yang dilakukan bersamaan dengan penurunan asupan natrium dalam tubuh akan mengurangi resiko penyakit jantung.

Mengurangi Berat Badan
Menurut sebuah penelitian yang dilakuakan oleh para ahli menyatakan bahwa buah pepaya muda lebih banyak mengandung ezim. Dimana kandungan enzim tersebut berperan untuk membantu mengurangi kadar protein, karbohidrat dan lemak dalam tubuh. Oleh karena itulah mengapa buah pepaya sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang melakukan progam diet. Semakin rutin mengonsumsi buah pepaya maka akan semakin mempercepat proses penurunan berat badan.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel terkait lainnya Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Tubuh.

loading...