Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Buah Pir adalah salah satu buah dengan kadar air yang sangat tinggi. Selain rasannya yang enak untuk dimakan buah ini juga bermanfaat untuk perawatan kesehatan dan juga kecantikan. Dari segi kesehatan, buah pir mengandung Vitamin C dan serat yang tinggi. Serat yang tidak larut membuat pir memiliki khasiat sebagai obat pencahar.

Selain itu, buah pir juga mengandung Vitamin A, kalsium, protein dan juga kalium. Sel batu yang ada pada buah pir juga dapat mengurangi polip di usus besar. Sehingga, dapat mengurangi resiko kanker usus besar.  Kali ini saya akan berbagi kepada Anda mengenai Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan.

kandungan-buah-pir

  1. Menangkal radikal bebas

Senyawa Antioksidan (Vitamin C, senyawa flavonoid, dan Vitamin A) yang terkandung dalam buah pir mampu menangkal radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh dari sisa metabolisme yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penuaan dini. Tak hanya itu, radikal bebas juga dapat memutasi DNA sel sehat menjadi sel-sel kanker.

  1. Mencegah kanker

Antioksidan yang tinggi dan juga kandungan asam hydroxycinnamic yang ada dalam buah pir dapat mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker paru-paru, perut, kanker usus, prostat, dan rektrum. Tingginya serat pada buah pir yang bersifat anti karsinogenik juga dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga dapat mencegah kanker usus besar.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Secara tradisional buah ini sangat disarankan untuk dikonsumsi jika seseorang mengalami suatu penyakit misalnya flu, pilek atau berbagai jenis penyakit ringan lainnya. Ini dikarenakan kandungan nutrisi yang ada pada buah pir sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Karena dapat merangsang produksi dan aktifitas sel darah putih. Sehingga dapat membantu untuk proses penyembuhan.

  1. Melawan alzheimer

Beberapa orang pasti berfikir jika memakan buah maka harus dikupas terlebih dahulu. Hal ini tidak usah dilakukan kepada buah pir. Karena sebuah penelitian dari Cornell University kulit pir memiliki kandungan antioksidan quercetin. Antioksidan jenis ini dapat melawan penyakit Alzheimer. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika mengonsumsi buah pir bersamaan dengan kulitnya.

  1. Menurunkan kolesterol

Kandungan zat pektin yang tinggi pada buah pir dapat mengurangi kadar kolesterol yang ada dalam tubuh. Selain itu, buah pir juga mengandung serat yang tinggi yang sangat ampuh untuk menjaga peredaran darah agar tetap lancar. Maka dari itu, makan buah bir setiap hari akan dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Mengingat banyaknya Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan jangan lupa menulis buah pir kedalam dalam daftar belanjaan ya :)

loading...
Tags:buah pir, gambar buah pir, manfaat buah pir