Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Buah rambutan yang memiliki bentuk bulat, berwarna merah dan kulit buahnya terdapat serabut menyerupai rambut. Terbukti semua bagian dari buahnya memiliki kandungan gizi yang sangat banyak. Diantaranya sebagai berikut.

Bagian daging buah rambutan ,mengandung karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium dan vitamin C. Kulit buah mengandung tanin dan saponin dan biji rambutan mengandung lemak dan polifenol. Bukan hanya itu saja, Daun dan batang rambutan juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya tannin, saponin, flavonida, pectic substance, dan zat besi.

rambutan

Menurut pakar tanaman obat mengatakan, bahwa kandungan yang terdapat dalam buah rambutan sangat ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. Hanya dengan mengonsumsi 3 buah rambutan perhari saja, tubuh telah terpenuhi 69 kalori, 18,1 gram karbohidrat, serta 58 mg vitamin. Buah rambutan ini juga cocok untuk orang yang tengah menjalankan program diet. Karena kandungan serat pada buah rambutan juga cukup tinggi, sehingga dapat menurunkan berat badan.

Buah rambutan yang juga memiliki nama ilmiah Nephelium Laapaceum ini banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Apakah Anda tahu manfaat buah rambutan? Berikut ini saya akan mengulas tentang dahsyatnya manfaat buah rambutan untuk kesehatan .

  1. Obat kencing manis, cara pengolahannya hanya cukup siapkan 5 biji buah rambutan yang telah dikeringkan. Lalu giling hingga lembut, kemudian seduh dengan air hangat. Minum secara rutin 2 kali sehari.
  2. Menguatkan sistem imun tubuh, kandungan tembaga dalam daging buah rambutan bermanfaat untuk pembuatan sel darah putih, yang berfungsi melawan virus dalam tubuh. cukup hanya dengan mengonsumsi minimal 2 buah rambuatan dalam sehari.
  3. Mencegah kanker, kandungan Asam Gallic dalam buah rambutan berfungsi menghancurkan radikal bebas yang berpotensi menyebabkan berbagai penyakit kanker.
  4. Menjaga ginjal, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal adalah kandungan fosfor dalam buah rambutan. Kandungan fosfor akan berperan langsung menghilangkan limbah yang terkosentarasi didalam organ ginjal.

Nah,, itu tadi manfaat dari buah rambutan, maka dengan banyaknya manfaat buah rambutan bagi kesehatan tubuh Anda. Jadi, tidak ada salahnya jika buah rambutan menjadi sajian buah yang selalu ada untuk keluarga Anda. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Tags:buah rambutan, foto buah rambutan