Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Sawo merupakan buah yang sudah terkenal dikalangan masyarakat bukan hanya di Indonesia saja, namun sudah tersebar diberbagai negara di Asia Tenggara. Tanaman yang memiliki nama latin Achras Sapota L ini, merupakan tanaman yang mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan yang khusus. Selain itu dari bentuknya saja buah ini sudah dapat dikenal, dengan memiliki bentuk yang lonjong oval dengan memiliki warna kulit coklat.

sawo

Buah sawo selain karena mudah ditanam, buah sawo juga memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi. selain itu buah sawo merupakan sumber kalium dan nutrium yang baik untuk menujang kesehatan Anda. Perbandingan kandungan kalium dan nutrium ini, sangat berguna bagi kesehatan jantung Anda.

Bukan hanya kalium dan nutrium saja, buah sawo juga mengandung sumber vitamin yang tinggi diantaranya vitamin C, vitamin E, vitamin B, antioksidan dan asam folat. Dengan kandungan yang terdapat dalam buah sawo sangatlah berperan penting bagi kesehatan Anda. Ingin tahu manfaat dari buah sawo? Simak sajian berikut ini.

Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

  1. Mencegah kanker usus
    Dengan kandungan serat yang terdapat dalam daging buah sawo. Dapat memperlancar pencernaan dan mencegah adanya serangan penyakit kanker usus
  2. Mengobati radang mulut
    Radang mulut atau sering disebut dengan sariawan ini, dapat diobati dengan menggunakan daun sawo. Dengan cara merebus daun sawo dengan 3 gelas air, masak hingga mendidih. Diamkan hingga dingin , lalu gunakan untuk kumur-kumur dan lakukan setiap hari agar hasilnya maksimal.
  3. Mengobati disentri
    Pengobatan disentri sangatlah mudah, manfaatkan saja buah sawo yang masih muda dan tidak enak dimakan itu menjadi obat. Caranya cukup dengan menghaluskan buah sawo muda dengan tambahan garam sedikit  lalu konsumsi 2 kali sehari. Meskipun rasanya pahit justru itu akan cepat proses pengobatan.

Manfaat Buah Sawo Untuk Ibu Hamil

  • Kandungan vitamin yang terdapat dalam buah sawo dapat meningkatkan sumber daya tahan tubuh seorang ibu hamil.
  • Kandungan vitamin B pada buah sawo sangat baik untuk mengatasi rasa mual yang berlebihan pada masa kehamilan. Oleh karena itu untuk mengurangi rasa mual konsumsilah buah sawo 2 buah setiap hari.
  • Kandungan serat memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil diantaranya memperlancar pencernaan dan sembelit yang sangat sering dialami ibu hamil.

Itulah khasiat atau manfaat yang terdapat dalam buah sawo. Untuk Anda yang awalnya tidak suka buah sawo, dari sekarang cobalah untuk suka. Karena manfaat dalam buah sawo sangat penting untuk kesehatan Anda seperti yang sudah dijelaskan di atas. Selamat mencoba !

loading...