Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Buah yang memiliki nama latin Anona Muricata Linn ini merupakan kerabat dari Aanona Squamosa atau yang lebih sering disebut buah srikaya. Buah ini berasal dari Amerika, sedangkan nama sirsak di Indonesia berasal dari bahasa Belanda yaitu ZuurZak yang artinya kantong yang memiliki rasa masam. Sirsak adalah salah satu buah yang memiliki rasa manis yang bercampur asam. Selain segar jika dikonsumsi sebagai jus, buah ini juga kaya akan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satu nutrisi yang terkandung dalam buah ini adalah mineral, serat serta kalsium dan aneka vitamin. Selain itu daun sirsak juga biasa digunakan sebagai cara mengatasi reumatik oleh masyarakat Indonesia.  Untuk lebih jelasnya berikut adalah manfaat buah sirsak bagi kesehatan.

manfaat buah sirsak

Manfaat Buah Sirsak yang Harus Anda Ketahui

Mencegah Kanker

Manfaa buah sirsak yang pertama adalah untuk mencegah kanker. Kandungan annonaceous acetogenisns (fitokimia) pada daun, biji dan batang sirsak dapat menangkal berbagai macam serangan virus dan juga kanker. Sebuah penelitian menyatakan bahwa kandungan tersebut sudah terbukti dapat membubuh sel-sel ganas pada semua jenis kanker. Mulai dari paru-paru, prostat, usus besar, pankreas dan kanker lainnya.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C pada buah sirsak memiliki peranan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, mencegah penuaan dini serta dapat membuat seseorang tampak muda dan segar. Maka dari itu, mulailah untuk mengonsumsi buah yang satu ini untuk mendapatkan berbagai macam manfaatnya.

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Ini karena kolesterol dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti, obesitas, serangan jantung serta penyumbatan pembuluh darah. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat menggunakan buah sirsak. Kandungan zat dan juga gizi pada buah sirsak mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh jika dikonsumsi secara teratur.

Menjaga Kelembaban Kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah sirsak juga berguna untuk kecantikan. Buah sirsak kaya akan vitamin C yang dapat membantu kulit agar tetap lembab. Mengonsumsi buah sirsak secara teratur dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan tidak kering. Untuk menggunakannya, Anda dapat mengolahnya sebagai jus, masker ataupun langsung dikonsumsi.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah sirsak yang selanjutnya adalah dapat melancarkan pencernaan. Seperti yang Anda ketahui buah sirsak kaya akan serat. Serat berfungsi untuk melancarkan pencernaan, sehingga jika Anda mengonsumsi buah sirsak Anda akan terhindar dari masalah pencernaan. Pencernaan yang lancar dapat membuat tubuh terasa ringan dan juga dapat mencegah perut menjadi buncit.

Nah itulah beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Selain buahnya yang nikmat, daun buah sirsak juga bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit salah satunya yaitu kanker.

loading...