Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Tomat adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae. Setiap orang, mengenal tomat sebagai buah, lalapan dan juga sayur. Seiring dengan perkembangan pengetahuan, sekarang tomat tidak hanya sebagai pelengkap untuk makanan tetapi juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan. kandungan vitamin C pada buah tomat dapat mencerahkan dan mengecilkan pori-pori kulit wajah.

Khasiat-Buah-Tomat

Selain untuk kecantikan, buah tomat juga baik dikonsumsi  setiap hari karena buah tomat memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kali ini saya akan menjelaskan tentang Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan bagi tubuh Anda.

Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah tomat yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan mata. Ini karena buah tomat memiliki kandungan Vitamin A sebanyak 1500 Sl. Agar mata tetap sehat, maka harus membutuhkan vitamin A untuk mencegah masalah penglihatan dan menajamkan daya lihat organ mata terhadap benda yang ada di sekitarnya.

Mencegah kanker

Selain Vitamin A tomat juga mengandung likopen yang sangat baik untuk mencegah kanker. Seperti, kanker ovarium, kanker prostat, kanker mulut, kanker lambung dan juga kanker tenggorokan. Bagi Anda yang ingin terhindar dari kanker tersebut, mulailah rutin mengonsumsi tomat setiap harinya.

Antioksidan

Antioksidan dipercaya dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik dan menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit dan virus. Kandungan likopen (semacam antioksidan) dalam tomat mampu menangkal dan menghancurkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Mencegah penggumpalan darah

Penggumpalan darah  adalah salah satu hal yang dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Ini dikarenakan darah yang menggumpal akan menghambat  darah untuk mengaliri anggota tubuh. Jika hal tersebut terjadi maka organ tubuh akan kehilangan suplai darah, salah satunya yaitu jantung. Biji tomat dipercaya mengandung nutrisi yang dapat mencegah penggumpalan darah tersebut.

Menurunkan demam

Saat demam pastinya kita akan membutuhkan obat yaitu parasetamol (sebagai obat penurun panas). Jika persediaan obat di rumah tidak ada obat tersebut apa yang harus kita lakukan? Ya, cukup mengobatinya dengan buah tomat. Tomat mengandung Antiperitik  yang dapat menekan suhu badan pada keadaan demam dan tentunya dapat menurunkan demam.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan. Maka dari itu, mulailah mengonsumsi buah dan sayuran agar  kesehatan tubuh tetap terjaga. Semoga bermanfaat :)

loading...