Manfaat Cokelat Hitam Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Cokelat merupakan salah satu makanan yang sangat populer dan menjadi makanan favorit di seluruh dunia. Rasanya yang manis ini membuat semua kalangkan mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa menyukai cokelat. Selama ini semua orang beranggapan cokelat merupakan salah satu makanan yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti diabetes, kolesterol hingga obesitas. Baca juga tips menurunkan tekanan darah tinggi.

Namun yang perlu Anda ketahui, tak selamanya cokelat memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Salah satu jenis cokelat yang baik untuk kesehatan adalah cokelat hitam atau dark chocolate. Tidak seperti cokelat pada biasanya, cokelat hitam tidak mengandung susu ataupun gula sehingga rasanya sedikit pahit jika dikonsumsi. Lantas, apa saja sih manfaat cokelat hitam bagi kesehatan itu sendiri?

Dark chocolate

Berikut adalah manfaat dari cokelat hitam

Menurunkan kolesterol

Salah satu penyakit yang sering dederita olah banyak orang adalah kolesterol tinggi. Untuk mengatasinya Anda dapat mengonsumsi cokelat hitam tersebut. Kandungan kakao dalam cokelat hitam terbukti ampun untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL). Tak hanya itu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam cokelat hitam juga dapat mengurangi resiko seseorang terkena serangan jantung.

Mencegah stroke

Sebuah penelitian dari Stockholm Karolinska Institute menyatakan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi cokelat hitam setiap harinya, ini akan menurunkan resiko seseorang tersebut mengalami stroke dibandingkan mereka yang tidak pernah makan cokelat hitam sama sekali. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid pada cokelat hitam berguna untuk mencegah pembekuan dan kekakuan darah sehingga serangan jantung dan stroke dapat dicegah lebih mudah.

Menurunkan berat badan

Apakah Anda sedang melakukan program diet? Jika iya, Anda bisa menjadikan cokelat hitam sebagai cemilan diet yang menyehatkan. Kandungan serat dalam cokelat hitam sangat bermanfaat untuk membuat perut Anda terasa kenyang lebih lama dan tentunya serat juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Mulailah untuk mengonsumsi cokelat hitam agar program diet Anda berhasil dalam jangka waktu yang lebih singkat.

Mengontrol gula darah

Selain itu, cokelat hitam juga dapat digunakan untuk mencegah penyakit diabetes. Flavonoid yang terkandung dalam cokelat hitam mampu meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat sendiri berguna untuk membantu tubuh untuk menggunakan insulin secara efisien dan juga membantu tubuh untuk mengurangi resistensi insulin. Bagi penderita diabetes, jika ingin mengonsumsnya pilihlah cokelat hitam yang tidak mengandung gula ataupun susu.

Menyembuhkan batuk

Manfaat cokelat hitam bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat menyembuhkan batuk. Jika Anda sedang batuk, Anda dapat mengonsumsi cokelat hitam sebagai pengganti obat. Ini karena cokelat hitam mengandung zat kimia yang bernama theobromine. Theobromine sendiri bermanfaat untuk mereleksasikan syaraf yang memicu terjadinya batuk tersebut. Selain itu, cokelat hitam juga tidak memiliki efek samping seperti rasa kantuk  yang merupakan salah satu efek samping dari obat lainnya.

Demikianlah ulasan dari manfaat cokelat hitam bagi kesehatan. Meskipun memiliki manfaat yang sangat banyak Anda juga harus membatasi dalam mengonsumsi cokelat hitam. Mengingat cokelat hitam tersebut mengandung kalori, yang juga memiliki efek buruk bagi kesehatan.

loading...
Tags:coklat hitam untuk diabetes, cara bikin coklat yang berguna untuk penyakit, coklat hitam penambah darah, colestrol cokelat hitam, efek samping mengkomsumsi dark coklat dan madu hitam