Manfaat Cumi-cumi Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Manfaat cumi-cumi bagi kesehatan ternyata sangat banyak dan perlu diketahui banyak orang. Cumi-cumi merupakan salah satu makanan laut yang sering kita jumpai. Makanan ini sangat populer di rumah makan sehingga banyak pengunjung yang memesan makanan yang satu ini. Tak hanya dapat dimasak satu jenis saja, cumi-cumi juga dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat, seperti cumi-cumi goreng, cumi-cumi saus tiram, cumi-cumi asam manis, cumi-cumi goreng tepung dan masih banyak lagi. Kreasi makanan tersebut tentu saja dapat membuat para pecinta cumi tidak bosan untuk menyantapnya. Selain enak, cumi-cumi juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Penasaran kan? Berikut adalah manfaat cumi-cumi bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Cumi-cumi bagi kesehatan

 

Inilah Manfaat Cumi-cumi Bagi Kesehatan Tubuh

Pembentukan sel darah merah

Yang pertama adalah untuk pembentukan sel darah merah. Seperti yang Anda ketahui sel darah merah memiliki peranan penting dalam tubuh manusia salah satunya yaitu untuk mengangkut oksigen ke seluruh organ tubuh, mencegah penyakit jantung koroner dan juga stroke. Oleh karena itu mulailah untuk mengonsumsi jenis makanan laut yang satu ini. Selain kaya akan vitamin dan mineral, cumi-cumi juga mengandung tembaga yang berguna untuk pembentukan sel darah merah.

Memperkuat tulang

Manfaat yang kedua adalah untuk memperkuat tulang. Tahukah Anda dalam 100 gram cumi-cumi mengandung 2,7 mg zat besi dan juga 270 mg fosfor. Kedua kandungan nutrisi tersebut dapat memenuhi kandungan magnesium, seng dan fosfor dalam setiap harinya. Tak hanya itu saja, nutrisi tersebut juga sangat baik bagi kesehatan tulang serta dapat membuat susunan sel tulang menjadi lebih kuat dan padat.

Mengoptimalkan sel darah putih

Manfaat cumi-cumi bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah dapat mengoptimalkan sel darah putih. Selain dagingnya, tinta pada cumi-cumi juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa tinta cumi-cumi mampu mengaktifkan sel darah putih yang baik untuk memberantas kuman penyakit dalam tubuh manusia.

Menjaga kesehatan jantung

Menurut para ahli, cumi-cumi merupakan salah satu makanan laut yang kaya akan tembaga, seng, vitamin B, omega 3, protein dan juga yodium. Untuk mempertahankan vitamin dan nutrisi tersebut sebaiknya hindarilah memasak cumi-cumi dengan cara digoreng. Hal ini dikarenakan nutrisi tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Untuk mengobati kanker

Baru-baru ini para peneliti telah menemukan dan menguji bahwa tinta pada cumi-cumi tak hanya mampu mengoptimalkan sel darah putih saja, akan tetapi juga dapat digunakan untuk mengobati kanker. Hal ini pun dibuktikan Hiroki dari Universitas Jepang. Ia menyuntikkan tinta cumi-cumi ke dalam 15 tubuh tikus yang terkena tumor. Hasilnya yaitu 3 diantaranya mati serta 12 lainnya masih dapat tetap hidup. Hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa sel tumor dapat direduksi. Tak hanya itu saja, penelitian lainnya pun menyatakan bahwa tinta cumi-cumi mengandung vitamin A yang memang berpengaruh pada penyakit tumor tersebut.

Menambah nafsu makan

Manfaat cumi-cumi bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk menambah nafsu makan. Biasaya anak-anak seringkali memiliki masalah terhadap nafsu makan. Namun Anda jangan khawatir, selain mengatasinya denga multi vitamin Anda bisa memanfaatkan cumi-cumi sebagai penambah nafsu makan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Amerika Research menyatakan bahwa cumi-cumi mengandung vitamin yang dapat mempengaruhi nafsu makan seseorang. Tak hanya itu saja, kandungan mineral pada cumi juga dapat menyehatkan pencernaan, dari lambung hingga usus. Cumi juga kaya akan zat niasin dan zat riboflavin  yang baik untuk kesehatan tubuh.

Menghilangkan bekas cacar

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami cacar semasa hidupnya. Seperti yang Anda ketahui, salah satu dampak setelah terkena cacar adalah adanya bekas luka pada kulit. Jika tidak hilang, bekas tersebut tentu saja dapat mempengaruhi penampilan. Cara memanfaatkan cumi sebagai obat penghilang bekas cacar adalah jemurlah cumi hingga kering lalu tumbuk hingga menjadi serbuk. Serbuk itulah yang dapat dimanfaatkan sebagai obat penghilang bekas cacar.

Jenis cumi yang aman dikonsumsi

Cumi-cumi merupakan salah satu makanan laut atau sea food yang memiliki rasa yang enak dan lezat. Jika dibandingkan dengan makanan laut lainnya, cumi-cumi memiliki struktur tubuh yang unik karena tidak memiliki tulang belakang sehingga hewan ini disebut sebagai hewan invertebrata. Cumi-cumi juga sangat beragam jenisnya. Namun yang sering dikonsumsi manusia adalah cumi-cumi dengan jenis Loligo Peale.

Saran Penyajian

Meskipun enak, akan tetapi jangan terlalu sering mengonsumsi makanan laut yang satu ini. Karena cumi-cumi kaya akan kolesterol yang dapat meningkatkan resiko penyakit stroke, jantung, darah tinggi dan penyakit lainnya. Oleh karena itu, makanan ini tidak baik jika dikonsumsi berlebihan.

Ahli gizi juga menyarankan bahwa cara baik dalam memasak cumi adalah dengan cara merebusnya atau di kukus. Dengan begitu, kandungan vitamin dalam makanan laut ini tetap terjaga.

Baca juga : manfaat ikan tuna bagi kesehatan tubuh

Demikianlah ulasan tentang manfaat cumi-cumi bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

loading...
Tags:cumi cumi, gambar cumi cumi, cumi, gambar Cumi, gambar cumi-cumi, cumi-cumi