Manfaat dan Akibat Kekurangan Vitamin E

By Categories : Kesehatan

Tokoferol atau yang biasa disebut dengan vitamin E merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak yang memiliki sifat antioksidan dan juga dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan senyawa berbahaya dalam tubuh yang merusak bahan gentik (DNA) bahkan dapat menyebabkan kematian sel. Seperti yang Anda ketahui vitamin E tidak dapat diproduksi oleh tubuh. sehingga untuk mendapatkan nutrisi ini, kita harus mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E.

Gangguan Penglihatan

Lantas apa saja sumber vitamin E? Sumber terbaik vitamin E dapat Anda temukan pada pisang, stawberry, buncis, ubi jalar, kacang-kacangan, biji bunga matahari dan juga asparagus. Selain buah, biji dan sayuran juga dapat memenuhi asupan nutrisi tersebut dengan cara mengonsumsi suplemen vitamin E. Lantas apa saja manfaat dari vitamin E?

Berikut adalah Manfaat Vitamin E

  • Perlindungan tubuh terhadap racun
  • Mencegah diabetes
  • Mencegah gangguan mata
  • Mencegah kanker
  • Melawan efek negatif dar penggunaan obat-obatan
  • Mencegah komplikasi pada kehamilan pertama
  • Mencegah alergi
  • Mengurangi bintik hitam pada kulit

Nah itulah beberapa manfaat dari vitamin E, lalu apa saja dampak negatif kekurangan vitamin E dalam tubuh? Berikut ulasannya!

Dampak Kekurangan Vitamin E

Gangguan Pada Syaraf

Akibat kekurangan vitamin E yang pertama adalah gangguan pada syaraf. Jika seseorang kurang vitamin E ini akan membuat sel darah merah mudah rusak dan terbelah. Jika tidak segera ditangani, hal ini dapat menyebabkan kerusakan dan gangguan pada syaraf sehingga seseorang tersebut akan mengalami kesulitan dalam berjalan. Jika tubuh mengalami defisiensi vitamin E atau kekurangan vitamin E, ini dapat memicu terjadi penyakit kronis lainnya seperti kanker paru-paru serta kanker saluran pencernaan.

Gangguan Penglihatan

Jika kekurangan vitamin E terjadi pada bayi yang lahir prematur, maka ia akan mengalami gangguan penglihatan. Sedangkan pada anak-anak yang kurang vitamin E akan mengalami gangguan seperti gerak reflek menurun, gangguan penyerapan pada usus halus, kelainan syaraf dan juga lemahnya otot-otot tubuh. jika hal ini terjadi, perlu adanya penanganan tingkat lanjut seperti membawanya ke rumah sakit terdekat dan juga pemberian vitamin E secara berkala.

Penuaan Dini

Akibat kekurangan vitamin E selanjutnya adalah mempercepat penuaan dini. Seperti yang Anda ketahui vitamin E berfungsi sebagai penangkal radikal bebas salah satunya adalah penyebab penuaan dini, meningkatkan produksi kolagen pada kulit, membuat kulit semakin elastis, mendukung pertumbuhan sel kulit baru dan juga mempercepat regenerasi sel. Sehingga jika vitamin E berkurang tentunya hal tersebut tidak akan terjadi dan akan menyebabkan terjadinya penuaan dini dan keriput pada wajah Anda.

Nah itulah beberapa manfaat dan akibat kekurangan vitamin E pada tubuh.

loading...
Tags:akibat kekurangan vitamin E, kekurangan vitamin e, kekurangan vitamin e mengakibatkan, akibat defisiensi vitamin e, apa yg terjadi ketika wanita kurang vitamin e, kurang vitamin E apakah dapat menyebabkan gampang aleegi, penyakit yg terjadi akibat defisiensi vitamin E adalah