Manfaat dan Kandungan Buah Delima

By Categories : Kesehatan

Buah delima yang memiliki nama ilmiah Punica Granatau ini merupakan tanaman yang dapat tumbuh di wilayah tropis diantaranya Asia Tenggara dan Cina Selatan. Silsilah buah delima asli dari negara Timur Tengah yang lebih jelasnya berasal dari Iran. Namun tumbuhan ini sudah banyak tumbuh tersebar di daerah subtropik hingga tropik, Dari dataran rendah dibawah 1000 m dpl.

Tumbuhan ini sangat cocok tumbuh di daerah tekstur tanahnya gembur dan biasanya sering ditemui di kebun atau perkarangan rumah sebagai tanaman hias, tanaman obat atau buahnya yang dapat dimakan. Tanaman ini memiliki ciri-ciri batang yang kecil dengan tinggi hanya mencapai 2-5 cm, berduri dibagian sela daun dan memiliki daun berbentuk lonjong atau pangkal daun lancip.

buah-delima

Para peneliti melakukan penelitian terhadap kandungan buah delima. Hasil dari sebuah penelitian menyatakan bahwa buah delima mengandung zat yang dapat menghambat pembengkakan kanker dan melemahkan pengaruh protein yang diproduksi oleh tulang sumsum yang beresiko munculnya kanker prostat pada tulang. Selain itu masih banyak lagi manfaat buah delima, adapun manfaat yang lain sebagai berikut .

1. Bermanfaat bagi pencernaan
Zat tanin yang tekandung dalam buah delima dapat bermanfaat melancarkan pencernaan , selain itu tanaman ini juga merupakan salah satu kompenen astrigen yang mampu mengobati pendarahan, luka terbuka pada lapisan lambung.

2. Bagi Jantung
Untuk menjaga kesehatan jantung, buah delima sangat cocok dikonsumsi setiap hari. Karena kandungan kalium 259 gram pada setiap satu buah delima, dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi
Menurut penelitian kandungan zat antioksidan dalam buah delima dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 5%. Cukup dengan hanya meminum 1,7 ons jus buah delima setiap hari.

4. Sumber nutrisi
Kandungan gizi yang sangat banyak sekali dalam buah delima seperti asam folat, serat, kalium, niasin dan vitamin A dan E yang terdapat dalam daging buah delima. Bukan hanya dagingnya saja, jika Anda merasa nyaman mengonsumsi biji delima, justru nutrisi yang Anda dapatkan semakin optimal. Karena dalam biji buah delima terdapat sumber serat yang tinggi.

5. Menjaga Kesehatan kulit
Kolagen yang terkandung dalam buah delima bermanfaat untuk menjaga kulit agar tetep lembut, halus dan kencang. Sehingga kesehatan kulit akan selalu terjaga sepanjang hari.

Itulah beberapa manfaat dari buah delima bagi kesehatan. Jadi konsumsilah buah delima setiap hari agar manfaatnya terasa optimal bagi kesehatan tubuh Anda. Selamat mencoba.!

loading...