Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Cincau merupakan tanaman yang memiliki kaya akan khasiat atau manfaat bagi kesehatan. Tanaman yang memiliki nama latin Cyclea barbata merupaka masih dalam keluarga tanaman Menispermaceae. Di Indonesia tanaman cincau ini sudah sangat dikenal diberbagai penjuru daerah yang sering dijadikan sebagai minuman. Apalagi ketika momen bulan puasa cincau merupakan minuman yang selalu menemani ketika berbuka puasa. Banyak yang menganggap ketika berbuka puasa tanpa minuman cincau ibarat makan sayur tanpa garam.

Tanaman cincau ini memiliki ciri-ciri daun yang khas yaitu lebar lembut dan berwarna hijau. Mengapa cincau bermanfaat bagi kesehatan? Ini karena cincau memiliki sifat kimia yang sudah banyak diketahui oleh banyak ahli bahwa tanaman cincau terdapat kandungan zat di antaranya karbohidrat, alkolin, kardioplegikum, tentradine, dimetil tenradine, polifenol, saponoid serta flavonoida.

Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan

Berikut Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Mengatasi masalah tekanan darah tinggi, Anda bisa memanfaatkan cincau. Caranya sangat mudah cukup dengan menyiapkan daun cincau kemudian remas-remas air sampai berubah warna kehijauan. Setelah itu Anda bisa mendiamkan beberapa menit hingga air perasan berubah menjadi agar-agar. Kemudian konsumsilah cincau tersebut dengan menggunakan gula jawa supaya membuat rasa cincau lebih nikmat.

Radang Lambung, Typus, Penyakit Usus

Ketiga penyakit tersebut memang sangat berbahaya, namun Anda jangan khawatir karena ketiga penyakit tersebut dapat dengan mudah untuk disembuhkan menggunakan daun cincau. Caranya cukup mudah, hanya dengan hanya menyiapkan 50 gram daun cincau yang kemudian Anda haluskan. Setelah itu rendam ke dalam 4 gelas air dan saring, lalu minum air tersebut setiap 3 kali sehari.

Demam

Selain mengobati dua penyakit di atas, daun cincau juga sangat efektif untuk mengatasi demam. Caranya pun sangat mudah, mengiris rimpang daun cincau kemudian Anda rebus sampai mendidih. Setelah itu Anda mengonsumsi setiap kali Anda mengalami demam. Bisa dipastikan cara ini sangat cepat untuk mengatasi masalah penyakit demam Anda.

Sakit Perut 

Manfaat daun cincau yang terakhir adalah dapat mengatasi masalah gangguan pada perut Anda. Caranya hampir sama seperti cara mengatasi demam yang sudah dijelaskan di atas. Maka dangan begitu Anda tidak perlu khawatir lagi ketika terjadi masalah pada perut Anda.

Keracunan Udang

Udang merupakan makanan yang sangat memiliki cita rasa yang sangat enak. Namun banyak orang yang tidak cocok ketika makan udang seperti mengalami alergi hingga keracunan. Jika Anda mengalami hal tersebut, Anda tidak perlu khawatir cukup dengan memanfaatkan daun cincau dengan cara merebus dan mengambil airnya dan dikonsumsi sampai dengan kondisi semakin membaik.

Demikian artikel mengenai manfaat daun cincau bagi kesehatan. Baca juga Manfaat buah tomat bagi kesehatan.

Tags:khasiat daun cincau rebus, manfaat daun cincau rebus