Manfaat Daun Kemangi untuk Ibu Hamil

By Categories : Kesehatan

Seperti yang Anda ketahui Indonesia merupakan negara yang memiliki tanah yang subur. Maka jangan heran jika Indonesia memiliki tanaman yang sangat bervariatif salah satunya yaitu tumbuhan kemangi. Kemangi sendiri merupakan salah satu tumbuhan yang sering digunakan untuk lalapan bersama dengan mentimun. Dengan baunya yang khas tumbuhan yang satu ini dipercaya sebagai tanaman obat yang mampu mengobati beberapa penyakit. Tak hanya mengatasi penyakit, daun kemangi juga memiliki khasiat untuk ibu hamil. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat daun kemangi untuk ibu hamil.

Manfaat Daun Kemangi untuk Ibu Hamil

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan dan ibu hamil

  • Mengatasi sariawan
    Manfaat daun kemangi untuk ibu hamil yang pertama adalah untuk mengatasi sariawan. Salah satu penyakit yang rentan terjadi pada ibu hamil adalah sariawan. Sariawan tidak hanya terjadi karena kekurangan vitamin C akan tetapi sariawan juga dapat disebabkan karena sistem imun lemah, alergi makanan ataupun obat-obatan tertentu. Saat hamil tentunya Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi obat sembarangan. Karena hal ini dapat mengganggu kesehatan janin Anda. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan daun kemangi. Caranya Anda dapat mengonsumsinya sebagai lalapan.
  • Mengatasi anemia
    Selain sariawan, ibu hamil juga rentan terhadap anemia. Anemia pada ibu hamil merupakan suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah. Oleh karena itu, selain mengonsumsi obat yang disarankan dokter Anda juga dapat menggunakan bahan alami yaitu daun kemangi. Hal ini dikarenakan daun kemangi yang Anda konsumsi kaya akan zat besi. Sebuah penelitian menyatakan bahwa dalam 10 gram daun kemangi mengandung setidaknya 2 mg zat besi.
  • Sumber energi
    Manfaat daun kemangi untuk ibu hamil selanjutnya adalah sebagai sumber energi. Meskipun hamil tentunya Anda harus rutin bergerak untuk menjaga keseimbangan berat badan Anda. Anda dapat memasukkan kemangi dalam daftar menu makanan untuk membantu Anda mendapatkan energi lebih banyak. Dalam 10 gram daun kemangi Anda dapat menambah energi sebesar 46 kkal. Selain itu daun kemangi juga mengandung karbohidrat sebesar 8,9 gram dalam setiap 10 gramnya.
  • Menjaga perkembangan janin
    Saat hamil tentunya tubuh sangat membutuhkan berbagai macam mineral dalam tubuh. Salah satu mineral tersebut adalah kalsium. Kalsium yang dikonsumsi ibu hamil berguna untuk membentuk tulang dan gigi agar lebih kuat. Selain produk susu, daun kemangi juga mengandung kalsium yang berguna bagi Anda. Dalam 10 gram daun kemangi mengandung kalsium sebanyak 45 mg.
  • Melancarkan ASI
    Setelah terlahir di dunia pastinya bayi membutuhkan asupan makanan salah satu yaitu dari ASI. Bagi Anda yang menyusui, tidak ada salahnya mengonsumsi daun kemangi. Hal ini dikarenakan daun kemangi kaya akan mineral yang mampu merangsang dan memperlancar produksi ASI.

Nah itulah beberapa manfaat daun kemangi untuk ibu hamil.

loading...
Tags:manfaat daun kemangi untuk ibu hamil, bolehkah ibu hamil makan kemangi mentah, kemangi untuk ibu hamil, kemangi buat remaja, hamil muda makan lalapan kemangi, hamil muda boleh makan kemangi, daun kemangi untuk ibu hamil, daun kemangi buat ibu hamil, daun kemangi boleh y dimakan ibu hamil muda, daun kemangi, www sambal kemangi bagus kah untuk orang hamil muda com, bumil makan daun kemangi, bolehkan ibu hamil makan kemangi, bolehkah ibu hamil minum air rebusan kemangi, apakah ibu hamil boleh makan daun kemangi( surawung)