Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Daun pandan atau yang sering dikenal dengan pandan wangi ini memiliki nama latin Pandanus Amaryllifolius Roxb. Pandan wangi termasuk dalam keluarga pandanaceae yang biasa hidup dirawa-rawa atau tempat yang lembab. Namun karena  pandan wangi ini di percaya memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan. Sekarang ini, pandan sudah banyak dibudidayakan oleh kebanyakan masyarakat pada umumnya. Selain karena banyak manfaatnya, pandan sangat mudah untuk ditanam yaitu cukup dengan hanya memisahkan tunas baru dan menanamnya.
manfaat daun pandanDaun pandan secara umum sering kali dimanfaatkan sebagai pengharum pada makanan dan minuman. Selain dari pada itu daun pandan juga sering kali digunakan untuk obat herbal alami, hal ini dikarenkan daun pandan memiliki beberapa kandungan di dalamnya. Diantaranya minyak esensial, alkaloid, glikasida, dan zat tanin yang sangat terkenal ampuh untuk memgatasi berbagai macam penyakit dalam tubuh. Maka oleh karena itu wajar jika daun pandan memiliki manfaat bagi kesehatan. Apakah Anda tahu manfaat daun pandan bagi kesehatan tersebut? Jika tidak, maka langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Inilah Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh

Mengatasi Sakit Kepala
Bagi Anda yang memiliki kebiasaan sering merasakan sakit kepala, cobalah untuk memanfaatkan daun pandan untuk mengatasinya. Daun panan memang sangat dipercaya ampuh dalam mengatasi sakit kepala, hal ini dikarenakan memiliki kandungan minyak esensial yang mampu membuat pikiran menjadi rileks dan secara tidak langsung rasa nyeri dari sakit kepala akan hilang dengan sendirinya.

Mengatasi Hipertensi
Hipertensi atau penyakit akibat tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang dapat beresiko terkena penyakit stroke. Biasanya orang yang mengalami penyakit ini sering kali ditandai merasa sering pusing, cepat lelah dan memiliki emosi yang tidak stabil. Maslaah kesehatan yang satu ini dapat dengan mudah diatasi cukup dnegan memanfaatkan daun pandan. Adapun caranya cukup membuat ramuan daun pandan secukupnya lalu rebus hingga mendidih. Kemudian ambil air rebusan tersebu dan konsumsi secara rutin setiap harinya.

Mengatasi Lemah Saraf
Manfaat daun pandan bagi kesehatan yang terakhir dapat berfungsi untuk mengatasi lemah saraf. Kelainan saraf bisa dikenali dengan mudah yaitu sering merasa keram, mudah lemah dan letih. Hal itu bisa Anda atasi dengan cara memanfaatkan daun pandan. Caranya hampir sama dengan yang di atas yaitu dengan merebus daun pandan dan meminum air rebusan tersebut secara rutin.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat daun pandan bagi kesehatan yang dapat Anda ketahui. Selain yang disebutkan di atas ternyata daun pandan juga bisa dijadikan solusi bagi anak Anda yang susah makan. Dalam daun pandan terdapa zat dan vitamin untuk membantu meningkatkan nafsu makan pada anak. Baca juga artikel terkait lainnya Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan.

loading...