Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Tanaman pegagan atau dikenal dengan nama antanan atau daun kaki kuda ini memiliki nama latin centella asiantica (Linn) yang merupakan tumbuhan dalam keluarga umbelliferae. Tanaman ini memiliki dua jenis yaitu pegagan warna merah dan hijau, namun yang sering digunakan oleh kebanyakan orang adalah pegagan hijau yang dipercaya memiliki manfaat untuk meningkatkan IQ dan juga mencegah lemahnya mental pada anak-anak.

Karena khasiatnya yang sangat penting tersebut, kini pegagan telah banyak dimanfaat di seluruh dunia. Negara-negara Eropa dan Amerika sangat menganjurkan kepada seseorang yang berusia dibawah 19 tahun diwajibkan untuk mengonsumsi daun pegagan ini setiap hari guna meningkatkan kecerdasan otak mereka. Tumbuhan atau daun pegagan ini dapat diolah dengan berbagai cara seperti dijadikan makanan, minuman hingga diolah menjadi obat-obatan.

 Manfaat Daun Pegagang

Keistimewaan tanaman ini dapat digunakan sebagai pengobatan dalam atau pengobatan luar. Banyak sekali penyakit yang sudah terbukti sembuh karena memanfaatkan daun pegagan ini. Kandungan yang terdapat dalam daun pegagan itu sendiri adalah banyak mengandung vitamin B1, B2, B3, C, asiaticoside, brahmoside dan masih banyak lagi. Adapun manfaat daun pegagan untuk kesehatan itu sendiri adalah sebagai berikut!

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan

Mengobati Darah Tinggi

Manfaat daun pegagan yang pertama bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh. Sehingga aliran darah akan selalu normal dan tidak menyebabkan kelebihan darah atau darah tinggi. Untuk memanfaatkan daun pegagan sebagai pengobatan darah tinggi adalah cukup mengambil 20 lembar daun pegagan, setelah itu masak dengan menggunakan 3 gelas air bersih. Kemudian tunggu air hingga mendidih dan minum setiap 3 kali sehari.

Batuk Darah dan Mimisan

Penyakit ini memang sangat berbahaya sekali jika tidak ditangani secara cepat. Biasanya batuk darah terjadi karena penyakit dalam sedangkan mimisan bisa disebabkan karena pusing yang berlebihan atau kondisi tubuh yang kurang fit. Untuk mengatasinya adalah cukup dengan menyediakan daun pegagan 60- 80 gram, lalu rebus hingga mendidih dan minum setiap hari 2 kali. Selain itu, untuk menghentikan aliran darah dalam hidung Anda pada saat mimisan bisa mengguanakan daun pegagan, caranya masukkan daun pegagan dalam hidung setengah bagian saja dan tunggu hingga 10 menit atau sampai mimisan berhenti, lalu buang daun tersebut dan bilas dengan air bersih.

Mencerdaskan Otak

Kandungan senyawa brahminoside merupakan protein penting yang sangat bermanfaat bagi sel otak. Selain itu terdapat kandungan kalsium, magnesium yang juga sangat bermanfaat untuk mencerdaskan otak. Cukup dengan mengonsumsi daun pegagan ini setiap 3-8 yang dijadikan minuman atau dibuat makanan seperti diolah menjadi kripik sesuai dengan selera Anda.

Nah itulah manfaat daun pegagan yang baik untuk kesehatan. Baca juga Manfaat bekam bagi kesehatan.

loading...
Tags:pegagang, daun pegagang, berapa lembar daun pegagan untuk sekali, pagagan warna merah, kulit sawo matang cocoknya pake warna baju apa, keistimewaan pegagan, kegunaan daun pegagan, gambar daun pegagang, daun pegagan, berapa lembar pegagan sekali minum, tanaman belimbing belimbingan