Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Sambiloto atau tanaman yang memiliki nama latin Andrographis Paniculasta ini berasal dari Asia Tropika. Selain itu tanaman sambiloto sekarang ini juga sudah dengan mudah di temukan di Indonesia, Malaysia, Thailand dan dibeberapa daerah di benua Amerika. Di Indonesia sendiri tanaman ini sering kali dimanfaatkan untuk berbagai macam pengobatan tradisional. Hal ini dikarenakan sambilot memiliki berbagai kandungan hang bermanfaat bagi kesehatan. Diantaranya adalah mengandung latone, flavonoid, kalium, kalsium, minerak dan masih banyak lagi lainnya. Salah tu kandungan yang dapat memberikan nilai lebih dari tanaman yang satu ini adalah kandungan antioksidan yan bernama flavonoid.
manfaat sambiloto
Menurut sebuah penelitian kandungan yang terdapat di dalam sambiloto mampu menghambat proses oksidasi yang di picu oleh radikal bebas. Selain itu ternyata masih banyak lagi manfaat daun sambiloto untuk kesehatan, diantaranya sebagai berikut !

Inilah Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

Mengatasi Sakit Kepala
Manfaat daun sambiloto untuk kesehatan yang pertama adalah dapat membantu mengatasi sakit kepala. Seperti yang kita tahu sakit kepala sendiri terdapat beberapa macam, diantaranya migrain dan vertigo. Entah apapun macam atau jenis sakit kepala tersebut, ternyata dapat diatasi dengan menggunakan daun sambiloto. Adapun caranya cukup mudah yaitu hanya dengan menyeduh bubuk daun sambiloto yang sudah dikeringkan dengan menggunakan air panas. Setelah dingin, minum 3 sampai 4 kali sehari secara rutin.

Mengatasi Penyakit Flu
Yang kedua adalah bermanfaat untuk mengatasi penyakit flu. Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa daun sambiloto jika dikombinasikan dengan daun ginggseng siberia mampu mengatasi penyakit flu. Selain itu juga dipercaya ampuh untuk mengatasi masuk angin dengan cepat. Caranya pun cukup mudah sama seperti di penjelasan di atas yaitu dengan menyeduh daun sambiloto dan gingseng siberia dengan air hangat setelah dingin minum. Lakukan kembali sampai masalah masuk angin dan flu hilang secara tuntas.

Mengatasi Penyakit Demam
Manfaat daun sambiloto untuk kesehatan yang ketiga adalah dipercaya ampuh mengatasi penyakit demam. Menurut sebuah penelitian, cukup dengan mengonsumsi 6 gram daun sambiloto setiap hari bermanfaat untuk mengatasi penyakit demam. Hal ini dikarenakan daun sambiloto memiliki kandungan yang berperan sama seperti paracetamol yang berfungsi untuk meredakan rasa nyeri dan demam pada tubuh.

Mencegah Penyakit Kanker
Daun sambiloto bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Seperti yang kita tahu penyakit kanker merupakan penyakit mematikan nomor satu di dunia. Untuk mencegah penyakit yang satu ini dapat di atasi dengan berbagai cara seperti melakukan pengobatan, olahraga, dan menjaga pola makan sehat. Tapi selain dari pada itu ternyata juga dapat di atasi dengan memanfaatkan daun sambiloto untuk mencegah penyakit tersebut.

Mengobati Tifus Dan Kencing Manis
Sambiloto ternyata memiliki manfaat untuk mengobati tifus dan kencing manis. Caranya dengan mengambil 7 lembar daun sambiloto lalu cuci bersih, setelah itu rebus dengan air sebanyak 400cc dan diamkan sampai mendidih, kemudian saring airnya dan minum ramuan ini dengan madu secara rutin 3 kali sehari.

Mengobati Radang Saluran Pernapasan
Radang saluran pernapasan merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri yang tersebar pada saat musim hujan seprti saat ini. Umumnya penderita penyakit radang saluran pernapasan akan mengalami batuk, suara menjadi serak, pilek, demam, dan sesak napas. Untuk mengobati radang saluran pernapasan, anda dapat menggunakan ramuan herbal yang terbuat dari daun sambiloto. Caranya cukup dengan merebus 10-15 daun sambiloto dengan air sebanyak 600 cc sampai mendidih, lalu setelah mendidih kemudian diamkan sampai dingin dan saring airnya. Ramuan herbal sambiloto ini sebaiknya anda konsumsi 2 kali sehari dengan porsi 100 cc saja.

Mengobati Diare
Diare merupakan penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami buang air besar secara terus menerus tanpa terkontrol. Anda dapat mengonsumsi ramuan daun sambiloto untuk mengobati diare. Caranya sama seperti ramuan untuk mengobati radang saluran pernapasan di atas. Minum ramuan tersebut secara rutin 2 kali sehari dengan porsi 100 cc.

Mengobati Diabetes
Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Untuk mengobati diabetes anda dapat menggunakan daun sambiloto. Langkah peertama yang harus anda lakukan adalah merebus setengah genggam daun sambiloto dengan air sebanyak 3 gelas. Diamkan air mendidih hingga tersisa 2 1/4 gelas, setelah itu biarkan hingga dingin lalu disaring. Minum air hasil rebusan daun sambiloto tadi secara rutin setelah makan sebanyak 3 kaoi sehari dengan porsi 3/4 gelas dalam sekali minum.

Penanganan Gigitan Hewan Berbisa
Gigitan hewan berbisa dapat mengancam keselamatan jiwa. Untuk menanganinya anda dapat menggunakan daun sambiloto. Caranya adalah anda sediakan daun sambiloto secukupnya lalu seduh sesuai kebutuhan. Minum air hasil seduhan tersebut 1 kali sehari dengan porsi 1/4 gelas. Ampas dari seduhan daun sambiloto dapat anda balurkan pada luka gigitan.

Baca juga artikel terkait Penyebab dan Cara Mencegah Kanker Kulit.

loading...