Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Kesehatan Hingga Menyembuhkan DB

By Categories : Kesehatan

Manfaat daun ubi jalar belum banyak diketahui oleh semua orang. Namun perlu diketahui sebenarnya ada banyak sekali manfaat dari daun ubi jalar tersebut. Nah bagi Anda yang penasaran mengenai hal ini, simak saja ulasan berikut ini untuk penjelasan lebih jelasnya.

Ubi jalar memang sudah tak asing lagi ditelinga semua orang. Ubi jalar juga sering dimanfaatkan sebagai makanan pengganti nasi penderita diabetes. Rasanya yang enak membuat makanan ini disukai oleh banyak orang, selain itu ubi jalar juga kaya manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan. Tak hanya ubinya saja, daun ubi jalar juga memiliki manfaat yang sama untuk menjaga kesehatan.

Siapa sangka tumbuh-tumbuhan di sekitar kita  ternyata memiliki banyak manfaat. Sehingga untuk hidup sehat tidak butuh biaya yang cukup mahal. Menurut sebuah penelitian, daun ubi jalar mengandung berbagai vitamin yang baik untuk kesehatan, salah satunya adalah vitamin B6. Daripada penasaran mengenai manfaatnya, langsung saja berikut adalah daftar manfaat dari daun ubi jalar untuk kesehatan tubuh.manfaat-daun-ubi-jalar

Inilah Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Kesehatan Tubuh

Mengobati Demam Berdarah

Yang pertama adalah untuk mengobati penyakit demam berdarah. Cuaca yang tidak menentu dapat menyebabkan segala macam penyakit. Seperti flu, batuk hingga demam berdarah. Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Dan penyakit ini dapat menyerang penderitanya dimana saja dan kapan saja. Gejala paling umum demam berdarah adalah demam tinggi, lemas, nyeri tulang dan trombosit akan menurun secara drastis.

Sebenarnya, daun ubi jalar sudah dimanfaatkan oleh semua orang sejak dulu. Dulu, orang Filipina sering menggunakan daun ubi jalar untuk mengobati demam berdarah. Dan daun ini dipercaya mampu meningkatkan trombosit dalam tubuh secara cepat.

Menurut pakar ahli gizi dari IPB Prof Dr Ahmad Sulaeman mengatakan mengonsumsi rebusan air daun ubi jalar dapat mengatasi penyakit ini. Sedangkan penelitian dari Universitas Arkansas, Amerika Serikat Dr Shahidul Islam menunjukkan setiap 100 gram daun ubi jalar mengandung 117 mg kalsium, 1,8 mg besi, 3,5 mg karoten serta kaya betakaroten, vtamin B dan vitamin K.

Baca juga kandungan gizi dan manfaat telur puyuh bagi kesehatan

Cara mengobati demam berdarah dengan daun ubi jalar caranya pun sangat mudah, ambil 5 hingga 10 lembar daun ubi jalar yang masih muda lalu rebus dengan 1 gelas air dan sisakan menjadi setengah gelas. Setelah itu, Anda bisa menyaringnya dan minum 2 kali sehari hingga trombosit normal.

Mengatasi Arthritis

Yang kedua adalah untuk mengatasi arthritis. Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa daun ubi jalar mengandung betakaroten, vitamin B, seng dan magnesium. Beberapa kandungan tersebut sangat ampuh untuk mengatasi arthritis atau radang sendi.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat daun ubi jalar selanjutnya  adalah berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Tak hanya vitamin C saja yang berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, zat besi yang terkandung dalam ubi jalar dan daunnya juga dapat membantu tubuh mengaktifkan produksi sel darah putih yang meningkatkan ketahanan tubuh manusia terhadap stres dan masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, vitamin D yang terkandung di dalamnya juga berperan dalam meningkatkan energi, menjaga kesehatan tulang, menjaga mood serta menguatkan kekebalan tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Selain dengan berolahraga dan mengurangi mengonsumsi makanan tak sehat, Anda juga bisa memelihara kesehatan jantung dengan meminum air rebusan daun ubi jalar atau mengonsumsi ubi jalarnya itu sendiri.

Kandungan potasium dan vitamin B yang ada di dalamnya dapat mencegah penyakit jantung, serangan jantung dan juga stroke. Rebusan air daun ubi jalar ini juga dapat menyeimbangkan cairan serta elektrolit pada tubuh.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Pencernaan sehat dan terjaga tak hanya dapat menurunkan risiko terserang kanker usus, namun pencernaan sehat juga dapat membuat perut rata dan tak buncit. Daun ubi jalar juga kaya serat dan magnesium untuk mengatasi masalah pencernaan, salah satunya yaitu sembelit dan konstipasi.

Mengatasi Bisul

Bisul merupakan salah satu penyakit kulit yang cukup mengganggu jika tidak segera diatasi. Selain menggunakan obat salep, Anda juga bisa memanfaatkan daun ubi jalar untuk mengatasinya. caranya, ambil beberapa lembar daun ubi jalar lalu cuci hingga bersih. setelah itu tumbuh hingga halus dan tempelkan pada bisul. Lakukan cara ini secara teratur untuk mengobati bisul yang Anda derita.

Baca juga cara mengobati bisulan dan pencegahannya

Demikianlah ulasan mengenai manfaat daun ubi jalar untuk mengatasi demam berdarah dan menjaga kesehatan tubuh.

Tags:kasiat daun mantang, air rebusan daun mantang, Kasiat daun ubi jalar, kasiat rebusan daun ubi jalar