Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Apakah Anda pernah melakukan donor darah? Lantas apa saja manfaat yang bisa kita didapatkan? Kegiatan donor darah dipandang sebagai salah satu kegiatan yang sangat positif dan sangat mulia karena dapat membantu atau menolong sesama yang membutuhkan. Bukan hanya itu saja, banyak dampak positif yang bukan hanya di dapatkan oleh penerima. Melainkan seorang pendonor juga dapat merasakan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Mungkin bagi Anda yang telah melakukan donor darah telah merasakan khasiatnya.

manfaat donor darah bagi kesehatan

Seperti yang dikatakan di atas, donor darah bermanfaat bagi banyak orang. Baik itu bagi penerimanya maupun bagi pendonornya. Adapun manfaat bagi penerimanya tentu saja ia akan tertolong nyawanya akibat kondisi tertentu yang dapat memaksanya mendapatkan transfusi darah. Biasanya penyakit yang membutuhkan tranfusi darah diantaranya demam berdarah, pendrita talasemia mayor, bendarahan besar akibat kelahiran dan kecelakaan.

Selain dapat bermanfaat bagi penerima, nyatanya donor darah juga dapat memberikan keuntungan yang dirasakan bagi pendonor. Lantas apa sajakah manfaat donor darah bagi kesehatan? Simak penjelasan berikut ini!

Inilah Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Melindungi Jantung

Bagi mereka yang secara aktif mendonorkan darah, keuntungan atau manfaat yang di dapatkan adalah dapat menyehatkan jantung. Menurut American Journal Of Epidomology mengatakan bahwa pendornor darah akan beresiko 88% lebih rendah terkena serangan jantung. Bukan hanya itu saja donor darah pun juga dapat mengurangi penyakit kardiobaskular lainnya.

Pembaharuan Sel-sel Darah Secara Rutin

Manfaat donor dara selanjutnya adalah dapat membantu memperbaruhi sel darah secara rutin. Dalam hal ini tentu saja berlaku bagi mereka yang secara rutin melakukan donor darah. Karena regenerasi sel darah merah akan terjadi 48 jam pasca melakukan donor darah. Dalam waktu tersebut, darah akan benar-benar terganti dengan yang baru dan membantu memperbaiki fungsi setiap organ dalam tubuh.

Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Jika dapat selalu konsisten melakukan donor darah, dimana seorang pria dapat melakukannya setiap 3 bulan sekali dan seorang wanita setiap 4 bulan sekali. Jika hal itu dilakukan secara tepat waktu dan rutin. Maka resiko terkena penyakit kanker akan semakin menurun seiring tingkat konsisten si pendonor.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat donor darah yang terakhir adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Nah ini salah satu cara yang dapat dimanfaatkan bagi mereka yang memiliki berat badan lebih dan bermaksud untuk menurunkannya yaitu dengan melakukan donor darah secara konsisten. Hal ini dikarenakan donor darah dapat membakar kalori dengan ampuh sekitar 650. Jumlah kalori yang sangat banyak dan membantu menurunkan berat badan secara mudah dan cepat.

Sekian penjelasan kali ini mengenai manfaat donor darah bagi kesehatan. Baca juga artikel mengenai Khasiat kuning telur untuk kesehatan tubuh.

loading...
Tags:manfaat donor darah bagi wanita