Manfaat Gandum untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

By Categories : Kesehatan

Gandum merupakan sumber makanan yang mengandung banyak nutrisi serta vitamin yang terkandung di dalamnya. Gandum menjadi makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi untuk memenuhi aktivitas seharian. Tak heran jika banyak orang menyukai gandum untuk diolah menjadi berbagai makanan lezat. Selain vitamin, gandum mengandung karbohidrat sehingga dapat menjadi alternatif untuk menggantikan nasi. Dilansir dari berbagai sumber gandum mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Ingin tahu apa saja manfaat gandum untuk kesehatan? Simak ulasannya di bawah ini!

Manfaat Gandum Untuk Kesehatan

Berikut 5 Manfaat Gandum Untuk Kesehatan

Mencegah Terjadinya Resiko Serangan Jantung

Manfaat yang bisa diambil dari gandum yang pertama adalah mencegah terjadinya resiko serangan jantung. Penyakit ini sangat mematikan dan tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Hardvard terhadap 21.000 peserta yang mengonsumsi semangkuk gandum setiap paginya, memiliki resiko kecil terhadap serangan jantung. Untuk itu jangan ragu mengonsumsi gandum ke dalam menu harian Anda.

Mencegah Penyakit Diabetes

Bagi para penderita penyakit diabetes memang tidak dibolehkan mengonsumsi makanan yang manis-manis. Hal tersebut untuk mencegah naiknya gula darah secara berlebih. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang bisa dicegah sejak usia muda. Salah satu sumber makanan yang bisa mencegah penyakit berbahaya tersebut adalah dengan mengonsumsi gandum. Ini dikarenakan gandum rendah akan gula, sehingga baik untuk mencegah ataupun untuk mereka para penderita diabetes. Gandum menjadi makanan lebih baik untuk menggantikan peran nasi bagi para penderita.

Membantu Memaksimalkan Program Diet Seseorang

Manfaat gandum untuk kesehatan yang ketiga adalah untuk memaksimalkan program diet. Program diet menjadi cara paling ampuh untuk mereka yang ingin memiliki tubuh ramping serta untuk menurunkan berat badan. Diet dapat dijalankan dengan rajin melakukan olahraga serta mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan serta sayuran. Selain itu gandum dapat dijadikan untuk mendapatkan nutrisi sehat saat melakukan program diet. Gandum memiliki nutrisi serta kandungan rendah lemak yang baik untuk tubuh.

Membantu Meningkatkan Imun Tubuh

Manfaat gandum yang keempat adalah untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh. Gandum mengandung nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk itu jangan ragu mengonsumsi gandum yang dapat diolah menjadi berbagai makanan termasuk roti yang terbuat dari gandum. Selain mampu meningkatkan sistem imun tubuh, gandum juga meningkatkan sistem metabolisme pada tubuh.

Mencegah Penyakit Kanker

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan di Inggris, gandum mengandung serat tinggi yang dibutuhkan oleh wanita dalam menjaga terkena penyakit kanker. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa sekitar 30 gram gandum baik untuk dikonsumsi setiap harinya. Selain itu penelitian tersebut menyatakan sebanyak 41 persen wanita pro-menopause lebih kecil terkena resiko kanker.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai apa saja manfaat gandum untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu dari sekarang cobalah untuk konsumsi gandum yang sudah diolah menjadi makanan seperti roti atau olahan lainnya.

loading...
Tags:gandum