Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Sholat merupakan kewajiban bagi umat muslim yang harus dijalani. Sholat salah satu rukun islam yang ke-2 dimana amal ini akan dapat menyempurnakan keislaman seseorang. Apakah Anda pernah berpikir bahwa di dalam gerakan sholat itu sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Selain pahala yang kita dapatkan, kesehatan kita pun juga akan selalu terjaga dengan gerakan sholat.

Manfaat Gerakan Sholat

Menurut sudut pandang ilmiah bahwa gerakan sholat merupakan gudang obat bagi berbagai jenis penyakit. Untuk membuktikan apa saja manfaat gerakan sholat yang kita jalani setiap hari,  langsung saja simak saja ulasan berikut ini!

Manfaat Gerakan Sholat yang Perlu Anda Ketahui

Posisi Takbiratul Ihram

Posisi dimana kita berdiri tegak, dan mengangkat kedua tangan sejajar pada telinga setelah itu melipatnya pada perut atau dada bagian bawah. Adapun manfaatnya adalah dapat melancarkan peredaran darah, getah bening dan kekuatan otot lengan. Selain itu dari gerakan tangan yang mengangkat sejajar dengan telinga dan lalu melipatkan di depan perut, sikap ini dapat menghindari berbagai gangguan persendian yang khususnya pada persendian bagian atas.

Posisi Rukuk

Manfaat gerakan sholat pada posisi rukuk yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Pada posisi ini kepala lurus dengan tulang belakang. Adapun manfaatnya adalah posisi ini menjaga kesehatan fungsi tulang sebagai penyanggah tubuh dan pusat syaraf. Posisi di mana tangan bertupu pada lutut ini memiliki fungsi sebagai relaksasi bagi otot-otot bahu hingga bawah, selain itu gerakan rukuk sangat bermanfaat untuk melatih kemih sebagai pencegahan gangguan prostat.

Posisi I’tidal

Posisi I’tidal yaitu bangun dari rukuk dan disertai mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga memiliki manfaat bagi kesehatan adalah bagi organ pencernaan. Dengan gerakan tersebut, perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian maka dengan begitu membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

Posisi Sujud

Posisi menungging dengan meletakkan kedua tangan dengan disertai lutut dan ujung kaki pada lantai ini memiliki manfaat di antaranya melancarkan aliran getah bening pada bagian leher dan ketiak. Selain itu dapat melancarkan darah yang kaya oksigen pada otak. Aliran ini memiliki pengaruh pada pola pikir seseorang, maka dengan begitu semakin sering orang yang melakukan sholat dengan disertai gerakan sujud secara tuma’ninah, hal ini akan membuat pola pikir seseorang semakin cerdas. Selain gerakan sujud, rukuk juga memiliki manfaat yang sangat baik khusunya bagi wanita untuk  menjaga kesehatan organ kewanitaan.

Posisi Duduk

Posisi duduk dalam hal ini terdapat dua macam yaitu iftirosy (tahiyyat awal) dan tawarruk (tahiyyat akhir) yang membedakan hanya pada posisi kaki. Manfaat gerakan sholat pada posisi ini ada dua macam yaitu iftirosy yang memiliki gerakan bertumpu pada pangkal paha yang memiliki manfaat untuk menghindari nyeri pada pada paha yang menyababkan penderitanya tidak mampu untuk berjalan. Sedangkan duduk tawarruk ini memiliki manfaat dapat mencegah impotensi jika gerakan ini dilakukan dengan benar.

Posisi Salam

Posisi gerakan memutar kepala ini ke kanan dan ke kiri ini memiliki manfat untuk merelaksai otot disekitar leher dan kepala. Selain itu juga dapat menyempurnakan aliran darah menuju otak, biasanya ditandai dengan jarang merasakan sakit kepala dan tampak lebih muda sepanjan hari.

Itulah manfaat gerakan sholat yang bisa Anda dapatkan. Baca juga artikel kesehatan lainnya mengenai Manfaat olahraga di malam hari.

loading...
Tags:gerakan sholat yang benar, gerakan sholat yang benar untuk perempuan, gerakan sholat yang benar untuk wanita, gerakan shalat wanita yang benar, gerakan sholat yg benar, gerakan sholat wanita, gerakan sholat yang benar untuk w, gerakan sholat yang benar ubtuk wanita, gerakan sholat ya, gerakan sholat wanita yang benar, Gerakan sholat t, Gerakan sho, gerakan shilat untuk wanita y, Gerakam sholat yang benar, gambar gerakn sholat untk wanita