Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Ikan salmon merupakan ikan yang berasal dari Jepang. Kini di Jepang ikan salmon telah menjadi primadona karena kandungan gizi yang sangat tinggi. Keistimewaan yang lain dari ikan salmon ini adalah dapat dikonsumsi dalam keadaan matang ataupun mentah. Membahas tentang harga ikan salmon sangatlah mahal dibanding dengan ikan yang lainnya. Oleh karena itu ikan salmon di Indonesia masih menjadi alternatif nomor yang sekian khususnya bagi penduduk kalangan menengah kebawah.

salmon2A

Alasan ikan salmon sangat mahal karena sebanding dengan kandungan gizi di dalamnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Tentu saja siapapun yang mengonsumsinya akan merasa untung dan sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk membelinya. Langsung saja berikut ini ulasan mengenai manfaat dari ikan salmon bagi kesehatan.

Manfaat ikan salmon untuk kesehatan

Meningkatkan fungsi otak

Kandungan omega 3 pada daging ikan salmon ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak secara maksimal. Diantaranya dapat meningkatkan daya ingat, mengatasi stress dan depresi hingga dapat mencegah penyakit Alzheimer.

Kesehatan mata

Selain vitamin A,  asam lemak omega 3 juga sangat baik untuk kesehatan mata. Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan asam amino. Perpaduan antara kedua kandungan tersebut akan berfungsi mencegah dalam proses penuaan mata. Bukan hanya itu saja, ikan salmon juga bisa menyehatkan dan mempertajam pandangan mata.

Mencegah penyakit jantung

Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan salmon sangat bermanfaat untuk mengurangi kolestrol dan trigliserida selain itu juga dapat menjaga kelenturan pembuluh darah dan kesehatan otot pada jantung. Dan pastinya hal ini dapat mencegah tersumbatnya pembuluh darah, sehingga aliran darah yang menuju ke seluruh tubuh dapat lancar.

Mencegah hipertensi

Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan salmon bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan jantung, namun dapat membantu mempertahankan tekanan darah sehingga mencegah adanya resiko terkena penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Anti inflamasi pada daging ikan salmon dapat berperan untuk menjaga kelembaban kulit dari sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit jika tidak ditangani secara cepat.

Mengurangi resiko stroke

Manfaat ikan salmon selanjutnya adalah berguna untuk resiko stroke. Seperti yang Anda ketahui kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan salmon dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Jika kolesterol jahat (LDL) dapat diatasi tentu saja hal ini dapat membantu memperbaiki kerusakan jantung dan memperkuat otot-otot jantung untuk menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu saja, hal ini juga dapat mencegah pengerasan arteri yang akan menurunkan resiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke.

Mengurangi resiko terkena alzheimer

Seseorang yang rutin mengonsumsi  ikan salmon juga dapat mengurangi resiko terkena alzheimer. Alzheimer sendiri merupakan salah satu penyakit mental yang membuat penderitanya tidak mengingat satupun apa yang ia lakukan dan bahkan orang yang ada disekitarnya. Sehingga untuk mencegah hal ini terjadi tidak ada salahnya untuk mengonsumsi ikan salmon.

Efek samping mengonsumsi ikan salmon bagi kesehatan

Nah itulah beberapa manfaat ikan salmon untuk kesehatan tubuh. Meskipun memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, akan tetapi mengonsumsi ikan salmon secara berlebihan juga dapat memiliki beberapa efek samping, antara lain:

Pendarahan dan memar

Yang pertama adalah dapat menyebabkan memar dan pendarahan. Bagi Anda yang memiliki masalah dalam pembekuan darah sebaiknya Anda berhati-hati, karena mengonsumsi omega 3 yang terkandung dalam ikan salmin dapat menyebabkan pendarahan dan memar. Sebaiknya Anda berhati-hati dan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi omega 3 dalam bentuk ikan salmon ataupun suplemen.

Meningkatkan kadar gula dalam darah

Ikan salmon ataupun suplemen omega 3 yang dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Seperti yang kita ketahui, naiknya kadar gula dalam darah dapat menyebabkan penyakit diabetes. Nah bagi Anda yang menderita penyakit diabetes, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Meningkatkan resiko stroke

Meskipun memiliki manfaat untuk mengurangi resiko stroke, akan tetapi mengonsumsi ikan ataupun suplemen omega 3 yang berlebihan dapat meningkatkan resiko penyakit berbahaya ini. meskipun begitu Anda jangan khawatir karena resiko ini masih jarang terjadi. Oleh karena itu pastikan Anda memenuhi asupan omega 3 tidak berlebih ataupun kekurangan.

Itulah manfaat ikan salmon untuk kesehatan yang kami bahas pada artikel ini dan mengingat manfaat dari ikan salmon yang sangat banyak. Perlunya Anda mencoba ikan salmon saat ini juga untuk menunjang kesehatan pada tubuh Anda . Selamat mencoba!

Tags:gambar ikan salmon, ikan salmon, foto ikan salmon, ikan salmon gambar, Ikan salmon dan gambarnya, gbr ikan salmon, gambat ikan salmon, foto foto ikan salmon, gambar salmon, bentuk ikan salmon, foto2 ikan almon, foto ikan salmoon, nama ikan di jepang, gambar ikan salmon dan manfaatnya, gambar ikan salmon utuh