Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Ikan tuna merupakan salah satu ikan yang hidup di laut yang memiliki kemampuan sangat luar biasa. Tahukah Anda apa kelebihan ikan tuna dibandingkan dengan ikan lainnya? Ya, ikan tuna mampu hidup di air yang sangat dingin. Hal ini dikarenakan ikan tuna dapat menaikkan suhu darah mereka di atas suhu air dengan aktivitas ototnya. Tak hanya itu saja, ikan tuna juga memiliki kekuatan berenang yang sangat handal yaitu mereka dapat berenang dengan kecepatan 77 km/jam.

manfaat ikan tuna

Selain memiliki kemampuan tersebut, ikan tuna juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan ikan tuna kaya akan vitamin dan nutrisi untuk mencukupi asupan nutrisi dalam sehari-hari. Berikut adalah beberapa kandungan gizi dan manfaat ikan tuna bagi kesehatan.

Kandungan nutrisi ikan tuna

  • Fosfor
  • Protein
  • Energi
  • Sodium
  • Asam lemak omega 3
  • Kalsium
  • Zat besi

Nah itulah beberapa kandungan nutrisi pada ikan tuna. Lantas apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya!

Khasiat Ikan Tuna untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat ikan tuna yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Seperti yang Anda ketahui jantung merupakan salah satu organ vital yang berperan penting dalam mengalirkan darah. Mengingat pentingnya fungsi jantung oleh karena itu menjaga kesehatan jantung pun harus Anda lakukan salah satunya dengan cara mengonsumsi ikan tuna. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan tuna mampu menjaga jantung Anda lebih sehat serta menurunkan resiko seseorang terkena penyakit kardiovaskuler.

Mencerdaskan anak

Manfaat yang kedua adalah dapat mencerdaskan anak. Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Pediatrics pada tahun 2003 menyatakan bahwa seorang ibu hamil dan menyusui yang mengonsumsi asupan asam lemak omega 3 secara teratur akan memiliki anak dengan kemampuan kognitif lebih tinggi saat usia anak mencapai umur 4 tahun. Tak hanya itu saja, seorang anak yang rutin mengonsumsi ikan ini juga akan mengalami peningkatan kemampuan membaca saar sekolah.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Asam lemak omega 3 sendiri memiliki komponen-komponen yang sangat penting bagi tubuh, seperti EPA, DHA serta LNA. Kandungan DHA pada ikan tersebut mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu saja, menurut sebuah studi balita yang mengonsumsi susu formula dicampur dengan minyak ikan akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik dibandingkan dengan balita yang hanya mengonsumsi susu formula saja.

Mencegah kanker

Manfaat ikan tuna selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. Kandungan magnesium serta asam lemak omega 3 pada ikan tuna dipercaya dapat bermanfaat untuk mencegah berbagai macam kanker. Oleh karena itu mulailah untuk mengonsumsi ikan yang satu ini untuk menjaga kesehatan tubuh.

Membantu dalam Mencegah Stroke

Manfaat ikan tuna berikutnya adalah membantu dalam mencegah stroke. Penyakit stroke menjadi salah satu penyakit berbahaya yang seharusnya dicegah sejak dini dengan cara memulai hidup sehat. Salah satu cara mencegah stroke adalah dengan mengonsumsi ikan tuna. Berdasarkan sebuah studi bahwa mereka yang mengonsumsi 1 sampai 4 porsi ikan tuna mempunyai resiko sebesar 27 persen lebih rendah terkena stroke iskemik.

Membantu dalam Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Ikan tuna mengandung asam lemak omega 3 yang bisa membantu dalam mencegah terjadinya tekanan darah tinggi pada tubuh. Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa daging seperti ikan tuna memang mengandung asam lemak omega 3 yang berperan penting dalam menjaga tekanan darah agar lebih stabil. Selain ikan tuna, ikan salmon juga mengandung asam lemak omega 3 yang membantu juga dalam mencegah tekanan darah tinggi. Perlu diketahui bahwa tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit seperti stroke maupun serangan jantung.

Memelihara Sel Darah Merah

Mengonsumsi ikan tuna dapat membantu dalam memelihara sel darah merah serta membantu dalam meningkatkan energi pada tubuh. Ini dikarenakan ikan tuna mengandung kadar vitamin B di dalamnya. Vitamin yang juga larut di dalam air ini membantu dalam meningkatkan laju dari metabolisme, menjaga kesehatan kulit, serta membantu dalam memperkuat sistem imun pada tubuh.

Mencegah Obesitas

Manfaat selanjutnya adalah mencegah obesitas atau kegemukan pada tubuh. Lagi-lagi yang berperan untuk manfaat yang satu ini adalah kandungan asam lemak Omega 3. Omega 3 yang ditemukan di dalam ikan tuna membantu dalam mengurangi terjadinya obesitas atau kegemukan pada tubuh, sekaligus membantu dalam meningkatkan insulin pada tubuh. Omega 3 akan merangsang hormone leptin, sehingga membantu metabolisme pada tubuh serta mengatur berat badan. Selain itu ikan tuna juga tergolong sebagai makanan yang rendah akan kalori, sehingga aman untuk dikonsumsi maupun dijadikan sebagai cara untuk diet.

Sebagai Sumber Protein

Yang terakhir adalah sebagai sumber protein pada tubuh. Jika berbicara protein, banyak sumber makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging dan juga telur. Namun tahukah Anda bahwa ikan tuna juga mengandung kadar protein tinggi. Kandungan protein memang baik dalam menjaga agar otot tetap kuat. Selain itu protein juga baik bagi rambut, kulit, darah, dan kuku.

Nah itulah beberapa manfaat ikan tuna bagi kesehatan tubuh.

loading...
Tags:kadar natrium dalam tubuh ikan tuna, manfaat ikan tuna bagi kesehatan