Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Siapa yang tidak tahu dengan tanaman jahe? Jahe merupakan salah satu tanaman yang berupa rimpangan dan tumbuh di dalam tanah. Tanaman ini memiliki beberapa jenis  salah satunya adalah jahe merah. Jahe merah ini memiliki nama latin zingir officinale var rumbrum yang dipercaya memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Maka tidak heran jika jahe merah saat ini sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk penambah nafsu makan dan berfungsi menghangatkan badan.

Manfaat jahe merah
Jahe merah memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan jahe yang lainnya diantaranya adalah memiliki bentuk yang sedikit lebih kencil dibandingkan dengan jenis jahe lainnya, memiliki warna kulit merah mudah, dagingnya sedikit berwarna kecoklatan, dan memiliki serat yang lebih banyak dan kasar. Menurut dr. Suwijyo Pramono seorang ahli fitofarmaka dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, tanaman ini memang memiliki banyak manfaat dan dibuat sebagai minuman menyegarkan dan menghangatkan bagi tubuh seseorang. Nah berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaat jahe marah bagi kesehatan.

Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan yng Perlu Diketahui

Mengatasi Rematik

Manfaat jahe merah yang pertama adalah dapat mengatasi rematik. Kandungan yang terdapat dalam jahe merah berguna untuk mengurangi bengkak dan rasa sakit. Selain itu jahe merah juga memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit encok, caranya adalah cukup menggunakan jahe merah yang masih muda, campurkan dengan rempah-rempah lainnya seperti cabe jawa, temulawak, kumis kucing dan daun komfrey  ke dalam dua gelas air lalu rebus hingga bersih. Kemudian baru Anda minum setiap dua kali sehari.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat jahe merah yang kedua yaitu mammpu memjaga kesehatan tulang dengan baik. Hal ini dikarenakan kandungan seyawa yang mampu mengurangi resiko tulang keropos yang sering menyerang seorang pria dan wanita usia lanjut. Caranya cukup dengan mengonsumsi minuman dari perasan jahe merah setiap hari secara rutin.

Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Selanjutnya jahe merah juga sangat efektif dalam membantu proses menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Kolesterol jahat yang ada dalam darah akan menghambat aliran darah dan jika tidak ditangani secara cepat maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Adapun cara paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan jahe merah. Karena salah satu manfaat jahe merah adalah mampu melancarkan peredaran darah dan dapat menghancurkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Membantu Proses Diet

Manfaat jahe merah yang terakhir adalah dapat membantu proses diet. Caranya cukup dengan meminum air jahe merah setiap hari secara rutin  maka dengan begitu masalah berat badan akan teratasi. Hal ini dikarenakan kandungan jahe merah mampu membakar lemak dalam tubuh.

loading...
Tags:jahe merah