Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Jamu biji merupakan salah satu buah kaya akan vitamin C. Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap mempertahankan imun atau kekebalan tubuh. Selain itu tentu kita mengetahui bahwa vitamin berguna untuk mencegah gusi berdarah dan sariawan. Sebagian orang beranggapan bahwa mengonsumsi jambu biji dapat menyebabkan usus buntu. Hal tersebut tidak selamanya benar selama dalam mengonsumsinya tidak berlebihan.

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan

Jambu biji tergolong sebagai buah yang dapat tumbuh subur di Indonesia. Jambu biji biasanya dikonsumsi dengan cara dimakan langsung maupun dibuat jus. Untuk itu tidak hanya mengonsumsinya saja, melainkan juga perlu mengetahui apa saja manfaat jambu biji untuk kesehatan? Yuk ketahui ulasannya di bawah ini.

Berikut Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Mencegah Sel Kanker pada Tubuh

Manfaat jambu biji yang pertama adalah untuk mencegah tumbuhnya sel kanker pada tubuh. Jambu biji mengandung antioksidan cukup tinggi. Fungsi dari antioksidan tersebut adalah melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker pada tubuh. Antioksidan tersebut adalah likopen yang berguna untuk mengurangi resiko bahaya dari kanker seperti kanker prostat dan kanker mulut. Kinerja dari likopen adalah dengan menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Mencegah Penyakit Diabetes

Manfaat yang kedua adalah menghindari penyakit diabetes. Bagi mereka penderita diabetes sebaiknya menjaga pola makan dan menghindari makanan terlalu manis. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang dapat muncul akibat pola makan tidak sehat ditambah dengan adanya riwayat dari orang tua. Penyakit tersebut dapat dicegah dengan membiasakan hidup sehat mengonsumsi buah dan sayuran. Jambu biji mengandung serat cukup tinggi yang berfungsi untuk mengontrol gula dalam tubuh.

Membantu untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat jambu biji untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk membantu dalam menurunkan berat badan. Berat badan berlebih menjadi permasalahan sendiri bagi kebanyakan orang. Pasalnya memiliki berat badan berlebih atau obesitas akan mengurangi penampilan menjadi kurang menarik serta tidak baik untuk kesehatan. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah dengan cara melakukan diet sehat. Jambu biji bisa menjadi buah alami yang dapat Anda konsumsi saat menjalankan program diet. Ini dikarenakan jambu biji rendah kolesterol dan juga rendah karbohidrat.

Meningkatkan Sistem Pencernaan

Jambu biji mengandung lycopene dan serat yang cukup tinggi. Kandungan seperti lycopene sangat baik untuk meningkatkan organ pada saluran pencernaan tubuh. Sedangkan untuk kandungan serat baik untuk memerlancar sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Yang kelima atau yang terakhir mengenai manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh adalah mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi dapat menyebabkan berbagai masalah serius pada tubuh seperti penyakit jantung sampai dengan penyakit stroke. Hipertensi dapat dicegah dengan cara mengurangi makanan asin dan banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Buah yang dapat mengurangi resiko hipertensi adalah jambu biji. Jambu biji mengandung kalium dan serat yang baik untuk tekanan darah.