Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Jamu beras kencur tergolong sebagai jamu tradisional yang sampai saat ini masih diminati sebagian orang. Jamu beras kencur memiliki bau yang khas serta rasa manis dengan sedikit asam. Minuman herbal ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia, apalagi jamu ini menjadi salah satu jamu paling favorit untuk para peminumnya.

Selain rasa yang enak, jamu beras kencur memiliki kandungan positif yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan seperti vitamin B merupakan salah satu nutrisi yang terdapat pada jamu tradisional ini. Vitamin B berfungsi untuk memberikan efek lapar, sehingga mampu meningkatkan nafsu makan. Ini sangat cocok sekali bagi anak-anak yang susah makan. Terdapat banyak sekali manfaat jamu beras kencur bagi kesehatan tubuh, seperti pada ulasan di bawah ini!

Manfaat Jamu Beras Kencur

Berikut Beberapa Khasiat Jamu Beras Kencur

Membantu untuk Meningkatkan Stamina

Untuk seseorang yang sibuk dengan aktivitas seharian tentu membutuhkan stamina yang lebih. Untuk meningkatkan stamina dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan rajin berolahraga. Namun tahukah Anda bahwa jamu beras kencur memiliki fungsi dalam meningkatkan staminia. Dengan minum jamu beras kencur secara rutin setiap pagi membuat tubuh tidak cepat lelah, lesu, dan letih.

Membantu untuk Melaksanakan Program Diet

Manfaat jamu beras kencur yang berikutnya adalah sebagai obat pelangsing alami untuk mereka yang sedang menjalankan program diet. Tidak jarang dari mereka yang menambahkan jamu beras kencur ke dalam menu diet mereka. Oleh sebab itu untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, tidak ada salahnya untuk mencoba jamu tradisional ini. Namun untuk hasil maksimal, jangan lupa untuk tetap berolahraga. Baca juga Sayuran terbaik untuk diet.

Membantu Mengatasi Penyakit Maag

Sakit maag pada umumnya disebabkan oleh pola makan tidak teratur. Untuk mengatasi penyakit maag ini sebenarnya mudah yaitu dengan cara mengatur pola makan yang teratur dan jangan terlalu sering terlambat untuk makan. Namun berbeda dengan mereka yang sudah terlanjur terkena penyakit maag, karena sedikit saja terlambat makan penyakit tersebut akan kambuh. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mencoba minum jamu beras kencur yang mengandung vitamin B. Vitamin B berfungsi juga untuk menjaga kesehatan lambung.

Membantu Mengatasi Masuk Angin

Perut kembung biasanya terjadi karena masuk angin. Akibat dari masuk angin tubuh menjadi demam yang bisa mengakibatkan flu dan batuk jika daya tahan tubuh terus melemah. Untuk membantu mengatasi masuk angin, Anda bisa mencoba untuk minum jamu beras kencur. Rasa hangat yang diperoleh dari kencur dapat membantu dalam mengatasi masuk angin.

Membantu Mengurangi Pusing karena Migrain

Migrain atau pusing kepala sebelah terasa sangat mengganggu aktivitas. Meskipun sudah banyak obat yang bisa mengatasi pusing kepala sebelah, tetapi terdapat juga bahan alami yang tak kalah dengan obat kimia. Salah satu bahan alami yang bisa mengatasi pusing sebelah adalah kencur yang sudah diolah menjadi jamu tradisional beras kencur. Rasa hangat dari kencur akan meredakan migrain secara perlahan.

Obat batuk alami

Manfaat jamu beras kencur berikutnya adalah sebagai obat batuk alami. kandungan kencur dalam jamu ini dapat memberikan efek hangat dan juga dapat mengatasi rasa gatal pada tenggorokan. Oleh karena itu, jika Anda sedang batuk obat paling ampuh yang dapat Anda minum adalah jamu beras kencur.

Mengobati sakit perut

Kencur merupakan jenis tanaman obat yang dapat membuat tubuh menjadi lebih segar. Namun tak hanya itu saja, kandungan minyak atsiri pada kencur juga dapat digunakan untuk mengatasi perut mulas. Rasa hangat dan pedas pada jamu ini dapat menenangkan perut yang sedang mulas. Sehingga perut mulas dapat terobati dengan mudah.

Mencegah jerawat

Selain berguna untuk menjaga kesehatan, beras kencur juga kaya akan manfaat untuk menjaga kecantikan. Beras kencur merupakan salah satu minuman yang dapat mencegah timbulnya hormon penyebab jerawat. Minuman ini sangat cocok diminum oleh wanita yang akan mengalami datang bulan. Seperti yang kita ketahui wanita yang akan datang bulan biasanya ditandai dengan jerawat yang muncul pada wajah.

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Seperti yang Anda ketahui khasiat jamu beras kencur sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika dibandingkan dengan membeli jamu yang ada di pasaran, tentunya akan lebih enak dan higienis jika Anda membuatnya sendiri di rumah. Bagi Anda yang tertarik, berikut beberapa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jamu beras kencur.

Bahan-bahan:

  • 200 gram beras
  • 500 gram kencur ukuran sedang
  • 100 gram gula jawa dan gula pasir
  • 1,5 liter air
  • ½ sdt garam
  • 1 buah jeruk nipis
  • Kayu manis dan cengkeh secukupnya.

Cara pembuatan:

  1. Pertama rendam beras selama 4 jam lalu tiriskan. Lalu tumbuk beras hingga halus dan campurkan dengan cengkah dan kayu manis. Setelah itu jangan lupa kupas kencur dan cuci hingga bersih. Dan rebusa bahan-bahan tadi menggunakan gula merah dan gula pasir.
  2. Kedua, aduk bahan-bahan tersebut selama 20 menit dan tunggu hingga mendidih. Setelah itu, matikan ap dan saring ke dalam gelas. Agar rasanya lebih segar Anda bisa menambahkan perasan air jeruk nipis.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa manfaat jamu beras kencur untuk kesehatan tubuh. Baca juga Tips mengobati asma.

loading...
Tags:beras kencur untuk masuk angin, jamu beras kencur itu kaya apa, kencur buat pelangsing, kencur daya tahan tubuh