Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Jeruk purut merupakan salah satu jenis jeruk yang mengandung banyak vitamin C. Jeruk purut memiliki rasa asam segar yang sering dikonsumsi oleh orang. Jeruk purut berbeda dengan jeruk nipis. Jeruk purut sering digunakan oleh kebanyakan orang ke dalam masakan untuk menambah cita rasa asam dan segar. Jeruk purut memiliki banyak manfaat untuk tubuh, sehingga tidak kalah dengan jeruk nipis, jeruk limau, maupun jenis jeruk lainnya, Nah untuk mengetahui apa saja manfaat jeruk purut bagi kesehatan tubuh, langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini!

Manfaat Jeruk Purut

Berikut Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan Tubuh

Membantu untuk Mengobati Flu

Flu atau influenza merupakan salah satu permasalahan pada sistem pernapasan pada manusia. Bagi penderita flu badan akan terasa kurang enak dan merasa lelah dan juga menggigil. Untuk membantu mengobati flu Anda dapat mencoba dengan memanfaatkan jeruk purut yang mengandung banyak vitamin C. Untuk cara penggunaannya Anda dapat mengambil sari dari jeruk purut yang dicampurkan dengan madu dan air hangat. Kombinasi sari jeruk purut dan madu dapat meredakan virus penyebab flu dalam tubuh dan membantu menjaga daya tahan tubuh.

Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Seperti pada penjelasan poin pertama di akhir bahwa jeruk purut membantu menjaga daya tahan tubuh, Ini dikarenakan sari dalam jeruk purut mengandung sumber vitamin C tinggi yang berperan dalam melawan bakteri maupun virus yang menyerang tubuh. Dengan begitu Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan bakteri maupun virus seperti flu maupun batuk.

Membantu untuk Merawat Kecantikan Wajah secara Alami

Berdasarkan penelitian yang ada bahwa kandungan vitamin C selain memiliki fungsi untuk kekebalan tubuh, tetapi juga memiliki fungsi untuk merawat kecantikan kulit termasuk kulit wajah. Jeruk purut yang mengandung vitamin C dapat Anda gunakan untuk merawat kecantikan kulit wajah secara alami. Untuk penggunaannya cukup mudah yakni cuci jeruk purut sampai bersih, kemudian iris menjadi dua dan tempelkan pada bagian wajah. Ini bertujuan untuk mencegah penuaan dini dan membantu menghilangkan minyak pada wajah.

Membantu dalam Mengatasi Batuk

Tidak hanya dapat membantu untuk mengobati flu, tetapi jeruk purut juga dapat membantu mengatasi batuk. Untuk penggunaan sama seperti pada poin pertama tadi yakni dengan mengambil sari jeruk purut yang dicampurkan dengan madu dan air hangat. Setelah itu diminum paling tidak 2 atau 3 kali dalam sehari. Ramuan herbal tersebut tentu baik untuk kesehatan tubuh.

Membantu untuk Mengatasi Kulit Kering

Vitamin C yang terdapat pada jeruk purut mampu membantu dalam mengatasi kulit kering pada tubuh. Untuk penggunaannya cukup mudah dengan membersihkan jeruk purut terlebih dahulu. Setelah itu memotongnya menjadi dua dan oleskan jeruk purut ke kulit kering. Lakukan cara ini secara rutin setiap malam sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat jeruk purut selanjutnya adalah untuk melancarkan sistem pencernaan. Tak hanya kaya akan vitamin C, jeruk purut juga kaya akan serat yang baik dalam menjaga kesehatan pencernaan. Jika Anda memiliki masalah pencernaan, tak ada salahnya untuk memanfaatkan jeruk purut sebagai wedang ataupun minuman hangat. Caranya pun sangat mudah, yaitu siapkan jeruk purut dan air hangat lalu iris dan peras jeruk purut ke dalam air hangat. Untuk memberikan rasa manis, Anda juga bisa menambahkan gula ataupun madu.

Mengobati Lelah dan Mengatasi Pusing

Setelah bekerja seharian, pastinya akan membuat tubuh lelah dan lesu. Tak hanya itu saja, banyaknya tugas kantor ataupun tugas sekolah yang menumpuk juga dapat membuat pikiran menjadi stres dan akibatnya hal ini menyebabkan pusing dan migrain. Namun tenang, tak perlu mengonsumsi obat untuk meredakan lelah dan pusing, Anda bisa mengonsumsi wedang jeruk purut untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Mengobati Radang

Radang atau pembengkakan pada gusi adalah salah satu penyakit yang sangat menganggu. Penyakit ini dapat membuat seseorang tak selera makan ataupun melakukan hal lainnya. Cara mengobatinya pun sangat mudah, Anda bisa menggunakan perasan air jeruk purut sebagai obat kumur. Kandungan antibiotik dalam jeruk purut sangat ampuh  untuk mengatasinya. Untuk hasil lebih optimal, Anda bisa menambahkan garam.

Menghilangkan Ketombe

Tak hanya baking soda saja yang memiliki manfaat untuk menghilangkan kutu dan ketombe pada rambut. Jeruk purut pun memiliki khasiat yang sama. Caranya pun sangat mudah, yaitu oleskan perasan air jeruk nipis secara merata pada rambut kepala. Diamkan sejenak lalu bilas hingga bersih. Tak hanya itu saja jeruk purut juga dapat membuat rambut lebih kuat. Sehingga rambut rontok dan rapuh pun dapat diatasi hanya dengan menggunakan jeruk purut.

Demikianlah tadi beberapa manfaat jeruk purut untuk kesehatan tubuh yang dapat Anda ketahui.

loading...
Tags:model jeruk purut