Manfaat Jus Sayur dan Buah untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Memang tak bisa dipungkiri bahwa tubuh membutuhkan banyak asupan nutrisi dan vitamin yang bisa didapatkan melalui sayur-sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak nutrisi dan vitamin alami yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Selain dapat diolah menjadi menu makanan, sayur-sayuran juga bisa dibuat minuman seperti jus segar.

manfaat jus sayur dan buah

Variasi tersebut dapat dilakukan untuk menghindari rasa bosan jika terlalu sering diolah menjadi beberapa menu makanan. Jus sayur dan buah tanpa disadari memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Lalu apa saja manfaat yang dimiliki dari jus sayur dan buah? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, silahkan ikuti pada pembahasan di bawah ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Berikut Manfaat Jus Sayur dan Buah untuk Kesehatan Tubuh

  • Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan
    Manfaat jus sayur dan buah yang pertama adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa serat sangat bermanfaat bagi tubuh salah satunya adalah untuk menjaga sistem pencernaan tubuh agar terhindar dari berbagai macam permasalahan pada pencernaan seperti sembelit, kembung, dan masalah lainnya. Kedua sumber makanan tersebut sama-sama mengandung serat yang juga membuat perut terasa kenyang lebih lama.
  • Membantu Membersihkan Racun dalam Tubuh(Detoksifikasi)
    Manfaat jus sayur dan buah yang kedua adalah membantu membersihkan racun di dalam tubuh yang berasal dari rokok maupun minuman beralkohol sekalipun. Proses tersebut disebut dengan detoksifikasi atau pembersihan racun di dalam tubuh. Sayur dan buah sama-sama mengandung kadar air dan antioksidan alami di dalamnya. Adapun sayur dan buah-buahan tersebut seperti alpukat, kiwi, stroberi, sawi, wortel, mentimun, dan banyak lagi.
  • Membantu Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh
    Manfaat ketiga yang bisa diambil dari jus sayur dan buah adalah membantu meningkatkan sistem metabolisme pada tubuh. Beberapa sayur dan buah seperti wortel, jahe, tomat, stroberi, nanas, dan banyak lainnya mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga membantu dalam menyehatkan tubuh. Selain menyehatkan tubuh bermanfaat pula dalam memberikan pasokan energi kepada tubuh.
  • Membantu Menurunkan Berat Badan
    Manfaat yang keempat adalah membantu menurunkan berat badan. Berdasarkan penelitian yang ada sudah terbukti bahwa sayur dan buah-buahan mampu membantu dalam menurunkan berat badan. Oleh sebab itu bagi mereka yang menjalankan program diet alangkah baiknya jika mengonsumsi sayur dan buah-buahan dalam bentuk jus maupun olahan lainnya.
  • Sebagai Sumber Karbohidrat dan Nutrisi
    Manfaat jus sayur dan buah yang terakhir adalah sebagai sumber karbohidrat dan nutrisi penting bagi tubuh. Ketika sayuran diolah menjadi menu makanan banyak nutrisi yang hilang akibat cara pengolahan dipanaskan. Hal ini berbeda dengan cara dibuat menjadi jus yang akan mendapatkan nutrisi lebih banyak dibandingkan dengan dipanaskan. Disamping itu kedua sumber nabati tersebut juga mengandung karbohidrat yang baik untuk tubuh.

Nah itulah tadi beberapa pembahasan mengenai manfaat jus sayur dan buah bagi kesehatan tubuh yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel mengenai Manfaat daun cincau untuk kesehatan tubuh.

loading...
Tags:jus sayuran dan manfaatnya, khasiat jus sayur dan buah, manfaat juice buah dan sayur bagi kesehatan, manfaat jus buah sayur, manfaat jus sayur bagi kesehatan, manfaat jus sayur buah, manfaat jus sayur dan buah, minuman kesehatan dan manfaatnya, sayur apa aja yang bisa dibuat untuk jus