Manfaat Kacang Polong Lengkap Beserta Kandungan Gizinya

By Categories : Kesehatan

Bagi masyarakat Indonesia tentu saja sudah tidak asing lagi dengan jenis kacang yang satu ini yaitu kacang polong. Kacang yang memiliki bentuk sangat mungil ini ternyata memiliki begitu banyak khasiatnya. Hal ini dikarenakan kacang polong memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik  bagi kesehatan. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat kacang polong lengkap beserta kandungan gizinya. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut!

manfaat kacang polong

Inilah Manfaat Kacang Polong Lengkap Beserta Kandungan Gizinya

Kacang polong merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki sumber protein yang sangat baik. Manfaat dari kacang polong sendiri sudah sangat terkenal sejak abad pertengahan, dimana masyarakat banyak mengonsumsi kacang polong dengan cara di olah menjadi sup. Sekitar 70 gram kacang polong mengandung separuh vitamin C yang direkomendasikan (RNI). Selain itu kacang polong juga memiliki kandungan  karoten lutein dan zeathanin yang sangat baik dalam menjaga kesehatan mata.

  1. Kaya akan folat, kacang polong juga memiliki kandungan folat, karbohidrat, protein, nabati dan serat. Selain itu kacang polong juga mengandung hormon tumbuhan yng disebut dengan lignan. Kandunga lignan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, osteoporosis dan mencegah monopouse dini pada wanita.
  2. Mengendalikan kolesterol dalam tubuh, kacang polong juga sama halnya dengan sayuran dan buah-buahan lainnya seperti jagung, wortel, apel dan pir yang memiliki GI yang sangat rendah. GI sendiri merupakan Glycaimic Indeks Satuan yang berfungsi untuk mengukur dampak makanan terhadap gula darah. Semakin rendah GI maka membuat kadar gula darah menjadi seimbang dan dapat mencegah resiko penyakit diabetes.
  3. Memperkuat sistem imun, metabolisme dalam tubuh dapat diperkuat dengan hanya mengonsumsi kacang polong. Hal ini dikarenakan kacang polong memiliki kandungan antioksidan seperti flavonoid, carotenoid dan polyphenol sangatlah banyak. Dimana kandungan tersebut sangat efektif dalam menjaga sistem imin dengan baik. Maka dengan begitu tubuh akan tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.
  4. Mencegah penuaan dini, seperti yang sudah disinggung pada penjelasan di atas menganai manfaat kacang polong. Hal ini dikarenakan kacang polong memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Adapun peranan vitamin C tersebut membuang berbagai macam radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh.
  5. Mencegah penyakit jantung, berikutnya adalah untuk mencegah penyakit jantung. Kacang polong mengandung asam lemak omega 3 yang memiliki peranan untuk melawan lemak jahat ataupun kolesterol penyebab dari penyakit jantung. Tak hanya itu saja, jenis kacang-kacangan yang satu ini juga mengandung zat lainnya seperti sapion, fitonutrien dan flavanol untuk menjaga kesehatan. Flavanol sendiri sangat bermanfaat sebagai zat anti pembekuan darah dan menurunkan risiko penyebab penyakit jantung.
  6. Kaya akan serat, khasiat kacang polong selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat dalam kacang polong dapat mencegah seseorang mengalami konstipasi. Konstipasi atau sembelit merupakan salah satu gangguan pencernaan yang disebabkan karena kurang saupan serat. Selain dari buah dan sayur, Anda juga bisa mendapatkan asupan serat dari kacang polong. Setiap 100 gram kacang polong mengandung 8,3 gram serat. Ini berarti dapat memenuhi asupan serat dalam tubuh sekitar 33 persen.
  7. Menjaga kesehatan mata, Tak hanya wortel saja, kacang polong juga mengandung karotenoid atau beta karoten yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A yang terkandung dalam kacang polong bermanfaat sebagai antioksidan alami yang dapat membuat pertahanan tubuh tetap optimal.
  8. Memperbaiki kerusakan sel tubuh, vitamin C merupakan salah satu vitamin yang mudah hilang karena aktivitas fisik. Meskipun begitu Anda tetap harus memenuhi asupan vitamin C. Hal ini dikarenakan vitamin C dapat meregenerasikan atau memperbaiki sel tubuh yang rusak. Karena memiliki manfaat yang baik untuk kulit, maka jangan heran jika banyak sekali produk perawatan yang menggunakan vitamin C sebagai bahan campuran dalam pembuatannya. Vitamin C yang Anda konsumsi dapat memproduksi kolagen yang sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit.
  9. Pengganti daging, bagi para vegetarian tentu saja menghindari makanan yang berbau daging. Meskipun begitu mereka tetap harus memenuhi asupan protein agar tubuh tetap sehat. Selain daging, makanan berprotein tinggi yang dapat dikonsumsi adalah kacang polong. Tak hanya bagi para vegetarian saja, kacang polong juga sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Kandungan serat dalam kacang polong dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat kacang polong lengkap berseta kandungan gizinya. Berkaitan dengan kacang polong terdapat hal yang harus Anda ketahi, ketika Anda memilih kacang polong usahakan memilih kacang polong yang masih segar, permukaan yang halus dan hijau cerah. Karena dengan semakin bagus kualitas kacang polong akan menentukan manfaat dari kacang polong itu sendiri.

Baca juga artikel terkait lainnya Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan.

loading...
Tags:kandungan gizi kacang polong, apa manfaat kacang polong, khasiat kacang polong hijau