Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Kacang tanah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan  yang tumbuh dan hidup di dalam tanah. Sebagian orang beranggapan bahwa kacang tanah merupakan salah satu makanan yang dapat menyebabkan jerawat. Namun yang harus Anda ketahui, kacang tanah merupakan salah satu makanan yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Biasanya kacang tanah sangat nikmat jika diolah menjdi kacang rebus maupun goreng. Tak hanya itu, kacang tanah juga dijadikan bahan utama dalam pembuatan gado-gado, lontong pecel dan makanan lainnya. Selain rasanya yang enak, kacang tanah juga mengandung beberapa vitamin mulai dari vitamin A, vitamin B, asam folat dan juga vitamin E. Berikut adalah manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh!

b4f07884c6a5b6c554511b5c930e12af

Manfaat dari kacang tanah bagi kesehatan

Mencegah penyakit jantung

Manfaat yang pertama dari kacang tanah adalah dapat mencegah penyakit jantung. Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang harus dijaga kesehatannya. Karena fungsi utama jantung adalah untuk memompa darah menuju ke seluruh tubuh. Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda dapat mengonsumsi kacang tanah. Hal ini dikarenakan kacang tanah mengandung nutrisi yang sangat baik untuk menurunkan resiko seseorang terkena penyakit jantung koroner. Baca juga olahraga untuk kesehatan jantung.

Menurunkan kolesterol

Jika Anda memiliki kandungan kolesterol yang tinggi mulailah mengonsumsi kacang tanah. Kandungan asam lemak tak jenuh pada kacang tanah bermanfaat untuk menurunkan kolesterol LDL (kolerterol buruk) yang ada dalam tubuh. Selain itu, asam lemak yang terkandung dalam kacang tanah juga bermanfaat untuk mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada kulit.

Mengurangi rasa depresi

Pada umumnya makanan yang dapat meningkatkan mood seseorang adalah makanan yang menyegarkan dan memiliki rasa manis seperti es krim dan cokelat. Namun tahukah Anda kacang tanah juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa depresi? Hal ini dikarenakan kacang tanah mengandung zat tryptophan. Zat tersebut berguna untuk merangsang hormon serotonin untuk mengendalikan mood tetap baik.

Baik bagi ibu hamil

Seperti yang Anda ketahui asam folat merupakan salah nutrisi yang diperlukan untuk ibu hamil. Asam  folat bermanfaat untuk menurunkan resiko bayi lahir prematur dan juga lahir cacat. Tak hanya itu asam folat juga berguna untuk merangsang kecerdasan dan tumbuh kembang janin.

Menstabilkan gula darah

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh naikknya kadar gula dalam darah seseorang. Diabetes sendiri disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu faktor keturunan dan juga faktor pola makan. Salah satu tips untuk mengatasi diabetes adalah dengan cara mengonsumsi kacang tanah terutama kacang tanah rebus. Zat dan juga gizi dalam kacang tanah akan membantu tubuh untuk menstabilkan gula darah Anda. Sehingga ini akan menurunkan resiko Anda terkena diabetes.

Itulah beberapa manfaat kacang tanah bagi kesehatan tubuh. Selain itu kacang tanah juga bermanfaat untu meningkatkan stamina, meningkatkan kesuburan wanita, melancarkan ASI dan juga mencegah batu empedu.

Baca juga artikel lainnya manfaat minyak ikan untuk kesehatan.

loading...
Tags:manfaat minyak ikan untuk kolerterol