Manfaat Kayu Cendana Untuk Kecantikan

By Categories : Kecantikan

Apakah Anda pernah mendengar apa itu kayu cendana? Memang kayu ini terdengar asing bagi telinga kita. Kayu cendana itu sendiri adalah pohon cemara yang juga masih berasal dari keluarga Santalaceae, tumbuhan ini bisa tumbuh mencapai 8  sampai dengan 1 meter. Namun menurut istilah latin kayu cendana memiliki nama santalum album L, selain memiliki tinggi yang mencapai 12 meter ini juga memiliki ciri yang khas yaitu tekstur kayu yang keras dan memiliki bau yang harum.
buku_kayu_cendana
Di Indonesia kayu cendana telah dimanfaatkan sebagai bahan membuat ukiran yang menjadi sebuah karya seni yang sangat indah dan bagus. Tidak hanya itu saja, kayu cendana juga telah terkenal sebagai penghasil minyak yang telah melalui proses pengolahan. Minyak tersebut dikenal sebagai minyak cendana, kalau nama ini mungkin Anda telah mendengar atau sudah menggunakannya. Itulah gambaran mengenai kayu cendana dan berikut ini ada beberapa manfaat kayu cendana untuk kecantikan.

Khasiat kayu cendana untuk kecantikan

Menghilangkan noda hitam

Untuk mengatasi noda hitam pada kulit wajah Anda cukup dengan menggunakan serbuk kayu cendana dengan memberikan tambahan minyak kelapa ataupun air. Setelah itu adonan serbuk kayu cendana balurkan pada bagian kulit yang terdapat noda hitam yang biasanya berasal dari noda bekas jerawat.

Mencegah jerawat

Dalam kayu cendana memilki sifat antimikroba yang sangat efektif untuk mengatasi masalah jerawat yang tumbuh pada bagian kulit wajah. Caranya cukup dengan membuat masker menggunakan serbuk kayu cendana dan aduk dengan  tambahan air mawar, setelah itu oleskan pada area wajah dan tunggu hingga 15 menit lalu bisa dibersihkan dengan menggunakan air bersih.

Mengatasi kulit berminyak

Kayu cendana juga memiliki manfaat untuk mengatasi kulit berminyak, untuk hasil yang efektif mungkin Anda bisa memakai serbuk cendana untuk bedak dengan seperti itu masalah kulit berminyak akan teratasi dan pori-pori akan mengecil.

Mengatasi Kulit Keriput

Manfaat kayu cendana selanjutnya adalah berguna untuk mengatasi kulit keriput. Seperti yang kita ketahui, keriput merupakan tanda-tanda awal penuaan yang bisa menjadikan penampilan kurang menarik. Jika tidak segera diatasi tentu saja hal ini dapat menyebabkan wajah menjadi lebih tua dari umur kita yang sebenarnya. Namun tenang jangan khawatir, karena Anda bisa memanfaatkan kayu cendana untuk mengatasi masalah yang satu ini. Caranya campurkan bubuk kayu cendana, air mawar dan gliserin aduk rata hingga membentuk pasta lalu oleskan masker tersebut pada wajah hingga teratur. Selain dapat mengatasi kerutan di wajah, masker kayu cendana juga dapat menjadikan kulit lebih bersih dan tampak awet muda.

Menghaluskan wajah

Memiliki wajah yang halus adalah dambaan bagi setiap orang. Tak perlu datang ke klinik kecantikan untuk mendapatkan kulit wajah yang halus, Anda bisa memanfaatkan kayu cendana untuk mengatasinya. Caranya campurkan tiga sendok kayu cendana dengan satu sendok minyak kelapa dan minyak almond aduk rata hingga membentuk menjadi pasta. Lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat lalu air dingin.

Mengatasi kulit wajah belang

Warna kulit wajah yang belang akibat sengatan matahari pastinya dapat membuat Anda menjadi tidak percaya diri ketika beraktivitas di luar ruangan. Anda bisa membuat masker dari kayu cendana, bubuk kunyit dan cuka apel untuk mengatasi hal ini. caranya oleskan masker tersebut pada wajah, diamkan 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

Mencerahkan kulit

Manfaat kayu cendana selanjutnya adalah untuk mencerahkan kulit. Tak hanya vitamin C yang dapat mencerahkan kulit. kayu cendana yang Anda gunakan pun dapat membuat kulit lebih cerah dan halus. caranya, minyak zaitun dan minyak cendana lalu oleskan pada wajah sebelum tidur. Perawatan yang rutin dan tertaur dapat menjadikan wajah lebih cerah dan bebas dari jerawat.

Selain untuk kecantikan, kayu cendana juga memiliki manfaat untuk kesehatan, apa saja manfaatnya? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Khasiat kayu cendana untuk kesehatan

Melancarkan buang air kecil

Kayu cendana yang sudah diolah menjadi minyak seringkali dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. minyak esensial ini dapat menekan rasa sakit pada sistem ekskresi serta memberi efek mendinginkan. Sehingga ini membuat Anda akan lebih mudah buang air kecil dan pastinya hal ini dapat membuat ginjal menjadi lebih sehat.

Mengendalikan tekanan darah

Khasiat kayu cendana berikutnya adalah dapat mengendalikan tekanan darah, baik tekanan darah tinggi ataupun darah rendah. Hal ini dikarenakan kayu cendana mengandung zat dan unsur baik untuk menstabilkan tekanan darah.

Itulah beberapa ulasan mengenai manfaat kayu cendana untuk kecantikan. Sekarang sudahkah Anda memiliki gambaran mengenai kayu cendana, dan apakah Anda juga ingin mencobanya? Tidak usah merasa ragu lakukan saja cara di atas jika Anda ingin tampil cantik secara alami.

Selain untuk kecantikan, kayu cendana juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan. Mulai dari melancarkan buang air kecil, mengendalikan tekanan darah, mengatasi peradangan dan juga minyak cendana merupakan antiseptik alami.

loading...
Tags:kayu cendana, manfaat serbuk cendana, bubuk cendana, manfaat minyak cendana, manfaat kayu cendana, masker cendana, batang cendana untuk apa, kayu cendana dapat diolah menjadi apa saja, bagaimana cara penggunaan minyak kayu cendana pada rambut dan kulit?, bedak cendana (bubuk cendana), kegunaan cendana, kayu belang l, gambar bubuk cendana, contoh bubuk cendana, bedak cendana