Manfaat Daun Kemangi Bagi Kecantikan dan Kesehatan

By Categories : Kecantikan

Daun kemangi adalah salah satu tumbuhan yang memiliki aroma yang sangat menyengat. Kemangi memiliki daun yang sangat kecil dan lembut. Tumbuhan kemangi di Thailand dikenal dengan manglak yang sering terdapat dalam menu makanan khas di Thailand.

Kemangi adalah tumbuhan yang memiliki kaya kandungan gizi diantaranya hibrida antarspesies antara dua spesies selasih, Ocimum basilicum dan O. Banyak dikenal juga Basilicum Var Anisatium Benth. Tanaman ini dapat tumbuh hingga panjang 100cm. Dengan memiliki ciri-ciri berdaun panjang sekitar 5 cm, tegak berbentuk taji atau bulat telur dan memiliki warna daun yang hijau dengan ujung daun tumpul maupun panjang. Daun kemangi memiliki banyak khasiat, diantaranya untuk kesehatan dan kecantikan berikut ini manfaat dari daun kemangi :

kemngi-2_zps7a094407

Khasiat daun kemangi bagi kesehatan

1. Meredakan batuk. Dengan cara dibuat secangkir teh, dengan menyeduh daun kemangi, tambahkan sedikit air hangat, diamkan beberapa saat. Lalu minum minimal tiga kali selama satu minggu. Biasanya hal ini dilakukan penduduk Afrika dan India. Pada saat pergantian tahun, dengan ditandai banyak yang terserang batuk, flu dan demam.
2. Melancarkan peredaran darah. Senyawa sineol yang terkandung dalam kemangi dapat berfungsi sebagai pelebaran pembuluh nadi. Sehingga denyut nadi pada seseorang akan stabil.
3. Menjaga kesehatan mata. Daun kemangi mengandung vitamin A yang baik untuk mata. Cara mengonsumsinya dapat dimakan mentah menggunakan nasi.

Manfaat daun kemangi untuk kecantikan

1. Mengatasi bau badan dan bau mulut, dengan cara mengonsumsi minimal 10 lembar daun kemangi setiap hari, maka masalah bau badan akan teratasi.
2. Menghilangkan komedo, ambil daun kemangi 20 lembar lalu tumbuk dan oleskan kebagian wajah yang berkomedo. Diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.
3. Mengatasi panu yang mengganggu kepercayaan diri. Untuk mengatasinya, cukup dengan menghaluskan daun kemangi dengan sedikit dicampur kapur sirih. Lalu oleskan pada bagia kulit yang ditumbuhi panu. Lakukan secara rutin.

Itulah sedikit banyak informasi mengenai manfaat yang terdapat dalam daun kemangi bagi kesehatan dan kecantikan. Selamat mencoba dan rasakan khasiatnya sendiri.

loading...
Tags:kemangi, obat sakit gigi