Manfaat Kencur Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Kencur merupakan tanaman yang dapat tumbuh subur di daerah dataran atau pegunungan yang memiliki tekstur tanah gembur dan tidak terlalu banyak air. Tanaman yang memiliki ciri-ciri daging buah yang lunak dan tidak memiliki serat, berwarna putih dan memiliki aroma yang sangat menyengat. Selain itu kencur juga merupakan salah jenis tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (zingiberaceae).

Manfaat Kencur Bagi Kesehatan

Pada jaman dahulu kencur sudah sangat dikenal sebagai salah satu obat untuk mengatasi sakit tenggorokan, perut kembung, meningkatkan nafsu makan dan masih banyak manfaat lainnya. Hal ini dikarenakan kencur memiliki kandungan zat kimia yang baik bagi kesehatan tubuh diantaranya mineral, asam metil, alkaloid, barneol, asam sinamic, dan kampanye. Nah lalu apa saja manfaat kencur bagi kesehatan lainnya ? Simak penjelasa berikut ini !

Inilah Beberapa Manfaat Kencur Bagi Kesehatan

Mengatasi Masuk Angin

Kencur sejak dulu sangat dipercaya manfaatnya untuk mengatasi masuk angin. Adapun caranya cukup mudah diantaranya bisa dengan hanya mengunyah satu rimpang kencur dengan garam, kemudian minum air hangat. Meskipun cara ini menimbulkan rasa yang tidak enak tapi sangat efektif sekalai mengatasi masuk angin. Untuk hasil yang maksimal Anda dapat mengulangi sedikitnya dua kali setiap hari untuk menghindari munculnya kembali masuk angin pada tubuh.

Mengatasi Diare

Masyarakat zaman dahulu sering menggunakan kencur sebagai cara mengatasi diare secara alami. Caranya haluskan satu rimpang kencur dan campurkan dua siung bawang merah yang sudah dihaluskan. Setelah itu bungkus dengan menggunakan daun pisang, lalu bakar sampai hangat dan oleskan pada permukaan perut sampai merata. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan menggunakan air bersih, untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa lakukan kembali sampai diare benar-benar sembuh.

Mengatasi Kencing Batu

Manfaat kencur bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk mengatasi kencing batu. Caranya pun cukup mudah diantaranya cukup menyiapkan 2 rimpang kencur cuci bersih dan parut hingga lembut. Setelah itu Anda peras dan minum air perasan tersebut secara teratur 3 kali sehari.

Mencerdaskan Otak

Selain menggunakan vitamin untuk mencerdaskan otak, Anda juga dapat memanfaatkan kencur untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Adapun caranya untuk membuat ramuan kencur tersebut adalah menyediakan 1 ons kencur dan parut hingga halus dan kemudian tambahkan 200 gram beras masak hingga mendidih. Untuk membuat rasa nikmat Anda bisa menambahkan gula jawa dan asam jawa ke dalam ramuan tersebut. Setelah mendidih diamkan dan minum. Lakukan setiap 2 kali sehari, adapun ramuan ini lebih kenal oleh masyarakat dengan sebutan beras kencur.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat kencur bagi kesehatan.

loading...
Tags:fungsi kencur untuk otak