Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Kopi merupakan jenis minuman yang proses pengolahannya dari ekstrak biji tanaman kopi yang dikeringkan yang kemudian dihaluskan. Saat ini kopi sudah memiliki beragam jenis seperti kopi hitam, espresso, dan juga latte yang memiliki pengolahan dan proses penyajian yang unik. Kopi biasanya dikonsumsi orang pada pagi hari untuk mengawali hari mereka. Kopi juga biasanya digunakan oleh banyak orang untuk menemani kegiatan mereka seperti kerja lembur atau hanya sekedar begadang.

10-manfaat-kopi-untuk-kesehatan

Tak hanya digunakan sebagai teman saja, kopi juga memiliki manfaat yang baik kesehatan. Tak hanya itu, kopi juga dapat meningkatkan stamina dan vitalitas tubuh. Untuk lebih jelasnya, simak saja manfaat kopi bagi Kesehatan berikut ini.

Khasiat Kopi untuk Kesehatan

Menurunkan berat badan

Manfaat kopi yang pertama adalah dapat menurunkan berat badan. Bagi Anda yang memiliki berat badan diatas normal, Anda bisa mulai untuk mengonsumsi kopi sebagai minuman favorit Anda. Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu Anda untuk menekan nafsu makan. Saat ini, kafein tak hanya terdapat dalam kopi saja melainka ada beberapa pengobatan dan suplemen yang mengandung kafein. Hal tersebut harus menggunakan resep dokter agar tidak mengganggu kesehatan organ tubuh lainnya. Baca juga manfaat buah delima bagi kesehatan.

Menangkal kanker kulit

Manfaat kopi selanjutnya adalah dapat menangkal kanker kulit. Sebuah penelitian menyatakan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi dua cangkir kopi dalam sehari dengan porsi yang tepat dapat  menurunkan resiko terkena kanker kulit dibandingkan dengan seseorang yang tidak pernah mengonsumsi kopi.

Menurunkan resiko diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar gula yang berlebih pada darah. Namun tahukah Anda, Anda bisa menangkal penyakit gula ini hanya dengan menggunakan kopi. Kandungan magnesium dan kromium dalam kopi dapat membantu tubuh Anda untuk menekan resiko diabetes. Meskipun begitu, Anda juga harus tetap memperhatikan jumlah gula yang Anda konsumsi saat minum kopi.

Mencegah batu empedu

Manfaat kopi selanjutnya adalah dapat mencegah batu empedu. Ini dikarenakan bahwa kandungan xanthine dalam kafein dapat mengurangi lendir yang tumbuh. Mulailah untuk minum kopi dua cangkir dalam sehari. Namun, pastikan hanya dua cangkir. Karena lebih dari itu dapat membahayakan kesehatan Anda.

Itulah beberapa  manfaat kopi bagi kesehatan. Tak hanya kopi yang memiliki manfaat. Ampas kopi yang biasa dibuang, juga memiliki manfaat sangat baik bagi kecantikan kulit Anda. So, kopi dapat Anda gunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan Anda. Selamat mencoba :)

Baca juga artikel lainnya manfaat ampas kopi bagi kecantikan

loading...